Lakukan 5 Hal Ini agar Hubunganmu Terhindar dari Sifat Egois

Baiq Nurul Nahdiat01 Mar 2021, 16:05 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 16:05 WIB
Rawan Terjadi Pertengkaran

Fimela.com, Jakarta Pasti tidak ada seorang pun yang ingin memiliki pasangan yang egois. Sifat ingin menang sendiri dan ingin selalu diutamakan ini bisa menjadi pemicu retaknya sebuah hubungan. Bahkan jika hubungan tersebut berjalan, pasti akan menjadi sebuah hubungan yang tidak sehat.

Lalu, bagaimana agar sebuah hubungan bisa terhindar dari sifat egois? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Menjadi Pendengar yang Baik

Untuk menjadi pendengar yang baik, dirimu harus belajar untuk melepaskan sikap mendominasi percakapan. Ketika pasanganmu berbicara, maka dengarkanlah ia dengan penuh perhatian, kemudian kamu dapat merencanakan langkah selanjutnya atau memikirkan bagaimana perspektifmu sendiri pada masalah yang dibicarakan. Benar-benar mendengarkan orang di sekitarmu saat mereka berbicara, khususnya pasanganmu akan dapat meningkatkan hubungan menjadi semakin erat.

Memberikan Waktu Luang

Menyiapkan Dinner Romantis di Rumah
Ilustrasi Makan Malam Bersama Pasangan Credit: unsplash.com/Christian

Keegoisan juga berkaitan dengan kebersediaan seseorang dalam memberikan waktunya dengan pasangan. Seseorang yang egois biasanya akan sering tidak bersedia meluangkan waktunya bagi orang lain, bahkan itu pasangannya sendiri. Jadi jika dirimu sedang menjalin hubungan dengan seseorang maka usahakanlah untuk memberikan waktu luangmu bersamanya, agar ia merasa dihargai dan memiliki hubungan tersebut.

Merasakan Apa yang Dirasakan Pasangan

Biasanya orang yang egois sepenuhnya terjebak dalam sudut pandang mereka sendiri dan gagal untuk melihat apa yang orang lain alami. Orang egois selalu merasa bahwa dirinya yang paling pantas dikasihani namun ia sendiri miskin empati terhadap orang lain. Jadi usahakanlah dalam menjalani hubungan, saat pasanganmu berada dalam sebuah masalah, maka buatlah dirimu seolah-olah memiliki perspektif yang sama dengan pasanganmu, agar dirimu juga bisa merasakan apa yang dialami oleh pasanganmu.

Merenungi Sikap

patah hati
ilustrasi perempuan/copyright Unsplash/Amandine Lerbscher

Keegoisan sama seperti kebiasaan buruk lainnya yang sulit untuk dihentikan. Saat dirimu berada dalam sebuah hubungan, maka cobalah secara konsisten untuk melakukan evaluasi pada diri sendiri, apakah sudah menjadi pasangan yang baik atau sebaliknya pasangan yang egois. Sebab, sering kali keegoisan ini tidak nampak saat sedang bersama orang lain, maka berikanlah penilaian pada diri sendiri.

Menghentikan Kebiasaan Buruk

Seseorang yang memiliki sifat egois biasanya tak akan menyadari sifatnya sendiri. Jadi untuk mengetahui bahwa dirimu adalah seseorang yang egois atau tidak, tidak ada salahnya untuk meminta penilaian orang terdekat, seperti sabahat atau pasanganmu sendiri. Lalu, mulailah untuk berusaha merubah kebiasaan buruk yang ditimbulkan dari sifat egoismu, seperti mulai menjadi pendengar yang baik, meluangkan waktu untuk pasangan dan memiliki sikap empati pada pasangan.

Demikianlah beberapa cara untuk menghindari sifat egois saat menjalin hubungan dengan seseorang agar terjalin hubungan yang sehat. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓