Ulasan Novel The Star and I Karya Ilana Tan

Endah Wijayanti02 Mar 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 07:15 WIB
The Star and I

Fimela.com, Jakarta Apa yang terjadi jika sepasang sahabat yang sudah tidak saling bicara selama sembilan tahun tiba-tiba dipertemukan kembali? Inilah yang dialami oleh Olivia dan Rex. Karena sesuatu yang terjadi di masa sekolah, hubungan sepasang sahabat yang rumahnya saling berseberangan dan orangtua yang saling berteman ini renggang dalam kurun waktu yang tidak sebentar.

Olivia, seorang aktor teater dari Inggris mengambil pekerjaan di New York bukan tanpa alasan. Dia adalah anak adopsi pasangan Mitchell dengan masa kecil bahagia di Glaslow, Skotlandia, dan kepergiannya ke New York selain untuk urusan pekerjaan adalah untuk mencari orangtua kandungnya. Olivia diadopsi dari Madeline West Home for Children.

Siapa sangka Rex muncul kembali dalam kehidupan Olivia. Kedatangannya ke New York bukan hanya sebagai penulis lirik lagu yang sedang naik daun tapi juga membantu Olivia menemukan orangtua kandungnya. Bahkan tak segan-segan untuk menyewa jasa detektif profesional untuk melacak dan menemukan keberadaan orangtua kandung Olivia.

Novel The Star and I

The Star and I novel
Novel The Star and I./Copyright Endah

Judul: The Star and I

Penulis: Ilana Tan

Editor: Hetih Rusli

Sampul: Kitty Felicia Ramadhani

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Sejak kecil, Olivia Mitchell ingin tahu siapa orangtua kandungnya. Jadi, ketika ia mendapat kesempatan bekerja di New York, ia pun menyambarnya tanpa ragu. Namun, mencari seseorang tanpa nama di kota sebesar New York adalah sesuatu yang mustahil. Kini kontrak kerja Olivia akan segera berakhir, dan Olivia menolak pulang ke Inggris sebelum berhasil melacak keberadaan orangtua kandungnya. Itu berarti ia harus segera mencari pekerjaan baru supaya ia bisa tetap tinggal di New York.

Seolah-olah semua itu belum cukup memusingkan, Olivia mendadak bertemu kembali dengan Rex Rankin---sahabat masa kecilnya, sekaligus cinta pertamanya yang gagal---yang muncul untuk menawarkan bantuan.

***

Pertemuan yang terjadi setelah sembilan tahun tak saling berkomunikasi memang terasa canggung. Karena hal  yang terjadi di masa lalu, Olivia sempat merasa tak nyaman dengan munculnya Rex. Namun, ia juga tak bisa menyembunyikan rasa leganya ketika tahu Rex membantunya mencari sosok orangtua kandungnya. 

Hubungan Olivia dan Rex sepertinya mudah cukup ditebak. Sahabat masa kecil yang dulu begitu akrab, lalu karena sebuah kejadian membuat mereka tak saling kontak selama sembilan tahun. Sosok Rex yang pendiam, tak banyak bicara, dan hanya nyaman saat berada dekat dengan Olivia. Olivia yang sejak dulu sudah punya perasaan istimewa pada Rex tapi berupaya untuk menepisnya karena ada kejadian yang membuatnya merasa patah hati. Keduanya hanya butuh waktu dan momen yang tepat untuk saling jujur satu sama lain. 

Sepanjang membaca novel ini, kita akan diajak untuk menebak-nebak siapa sebenarnya orangtua kandung Olivia. Bertemu dengan orang-orang yang bersinggungan dengan Madeline West Home for Children. Rasanya yang membuat novel ini berkesan justru pada plot twist soal sosok orangtua kandung Olivia. Ada kesedihan, kepiluan, rasa sakit hati, hingga soal keikhlasan yang dibalut jadi satu.

Karena berlatar di New York, novel ini juga mengajak kita untuk mengunjungi beberapa tempat berkesan di kota terpadat di Amerika Serikat ini. Selain itu, karena pekerjaan Olivia dan Rex yang bersinggungan dengan dunia teater, ada beberapa istilah menarik yang menambah wawasan kita tentang seni peran. Cerita di balik lagu yang diciptakan Rex dalam novel ini juga memuat kisah yang manis. 

The Star and I, novel ringan dengan kisah yang manis untuk diikuti. Ada beberapa bagian yang cukup mudah ditebak dari hubungan Olivia dan Rex. Akan tetapi, ada juga hal yang sama sekali tak terduga yang terjadi dalam novel ini. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓