Ketahuilah 5 Hal yang Akan Membuat Pasanganmu Lebih Terbuka

Baiq Nurul Nahdiat01 Mar 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 15:45 WIB
pasangan tertawa bahagia

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal yang harus dimiliki pasangan dalam membangun sebuah hubungan yang sehat adalah sikap keterbukaan satu sama lain. Sikap keterbukaan ini mencerminkan rasa saling percaya yang kuat antara pasangan, karena sudah tidak ada hal yang ditutupi. Namun, tidak semua orang dapat bersikap terbuka sekali pun dengan pasangannya sendiri, mungkin karena keterbatasan waktu, masalah yang terlalu berat atau merasa malu.

Di sini ada beberapa tips agar kamu bisa membuat pasanganmu lebih terbuka dalam hubungan. Penasaran, apa saja tipsnya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Jangan Menggunakan Kalimat Mengintimidasi

Tidak ada kalimat yang lebih mengkhawatirkan untuk didengar dalam suatu hubungan selain "kita perlu bicara". Jika dirimu ingin berbicara dengan pasanganmu, sebaiknya tentukan waktu dan kondisi yang lebih santai. Daripada mengatakan kalimat yang terdengar mengintimidasi, lebih baik mengajaknya untuk berjalan-jalan ke luar atau mengajaknya makan dan utarakanlah apa yang ingin kamu sampaikan pada pasnaganmu pada wkatu tersebut. Seseorang akan cenderung lebih terbuka dalam suasana yang membuatnya nyaman.

Hindari Mengajak Pasangan Berbicara saat Lelah

Mudah Memunculkan Pertengkaran
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Ginnie

Jika ingin pasanganmu lebih terbuka, maka perhatikanlah kondisinya saat dirimu ingin menanyakan sesuatu. Hindari membuka pertanyaan saat pasanganmu baru saja pulang dari pekerjannya atau saat mereka hendak tidur. Karena bukan keterbukaan yang kamu dapati tetapi hal yang lebih buruk, seperti pertengkaran. Seseorang yang lelah juga biasanya akan malas berbicara hingga mereka beristirahat terlebih dahulu.

Buatlah Hubungan Terasa Intim

Orang-orang akan lebih terbuka jika mereka memiliki ikatan yang kuat dengan orang lain, dan ikatan itu dapat diciptakan dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan bersama. Terkadang melakukan aktivitas bersama yang tidak hanya berfokus pada pembicaraan namun menciptakan peluang untuk lebih banyak berbagi.

Bersikaplah Terbuka pada Pasangan

pasangan tersenyum
ilustrasi perempuan tertawa/Photo by YAKOBCHUK VIACHESLAV (Shutterstock)

Jika ingin pasanganmu terbuka dalam hubungan, maka buatlah dirimu lebih terbuka kepadanya. Biarkan pasanganmu mengetahui perasaan dan apa yang kamu alami. Saat dirimu berbagi dan mengungkap tentang permasalahanmu, orang lain merasa aman untuk melakukan hal yang sama denganmu. Mereka akan merasa dipercayai dan ia merasa perlu membagikan hal yang sama sepertimu.

Jadilah Pendengar yang Baik

Tunjukkanlah sikap antusias dan minat yang tinggi saat pasanganmu mulai membuka pembicaraan, hal ini bisa diperkuat dengan menunjukkan bahasa tubuhmu, seperti anggukan atau tatapan mata yang tak berpaling. Memberikan waktu kepada pasanganmu untuk berbicara dan mendengarkannya dnegan baik akan membuatnya nyaman dan dapat bercerita lebih banyak hal tanpa merasa terganggu.

Selain tips di atas, beberapa cara lain agar membuat pasangan lebih terbuka dalam hubungan, yakni dengan cara dengan menunjukkan kasih sayang, menunjukkan empati dan rasa kepedulian terhadap mereka. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓