Ingin Memberikan Ikan Mentah pada Kucing? Ini Risikonya

Iwan Tantomi10 Mar 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 10 Mar 2021, 07:00 WIB
Ingin Memberikan Ikan Mentah pada Kucing? Ini Risikonya

Fimela.com, Jakarta Kalau memikirkan pola makan kucing, kebanyakan pemilik baru akan memasukkan ikan mentah karena menganggapnya punya banyak nutrisi. Meskipun dapat memberikan manfaat kesehatan bagi anabul, ada risiko yang bisa dipertimbangkan sebelum membuat keputusan penting ini.

Kucing Bisa Makan Ikan

Kucing Bisa Makan Ikan
credit via shutterstock

Kucing merupakan hewan karnivora yang membutuhkan nutrisi khusus dari daging hewan, termasuk ikan. Aromanya yang memikat membuat hewan peliharaanmu menyukai menu makan ini. Sedangkan secara nutrisi, ikan juga kaya akan protein dan lemak sehat yang membantunya tetap kuat dan menjaga bulunya tetap sehat dan berkilau. Tapi, ada beberapa risiko serius jika hewan peliharaanmu diberi makan ikan mentah.

Risiko Memberi Ikan Mentah

Risiko Memberi Ikan Mentah
credit via shutterstock

Meskipun baik bagi kucing, ternyata hewan peliharaanmu tidak boleh memakan ikan mentah. Selain kemungkinan keracunan makanan dari E. coli atau salmonella, ikan mentah juga mengandung enzim thiaminase yang dapat menghancurkan tiamin.

Kekurangan vitamin B esensial pada kucing ini dapat menyebabkan masalah saraf, bahkan memicu kejang. Selain mengandung patogen dan kadar protein yang tidak seimbang, risiko tersedak oleh tulang ikan pun dapat mengganggu sistem pencernaan anabul.

Jenis Ikan untuk Makanan Kucing

Jenis Ikan untuk Makanan Kucing
credit via Shutterstock

Semua jenis ikan memberikan nutrisi yang baik untuk kucing, selama tidak diberikan secara berlebihan. Namun, untuk memastikan ikan aman sebagai makanannya, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

Selain menghindari pemberian ikan mentah, sebaiknya jangan menyediakan ikan asin, ikan kalengan yang dapat mengandung zat beracun, maupun ikan asap yang mengandung garam tinggi. Bisa diberikan sesekali, pastikan memilih ikan berkualitas dan segar yang tentunya sudah diolah hingga matang. Selain itu, berikan dalam porsi kecil dan bebas tulang yang dapat membuatnya tersedak.

Tuna dan Salmon jadi Pilihan Tepat

Tuna dan Salmon jadi Pilihan Tepat
credit: Muezza

Kabar baiknya, kucingmu bisa menikmati tuna, salmon, mackerel, dan ikan laut lainnya, asalkan dimasak tanpa bumbu maupun rempah yang bisa bikin anabul sakit. Olah bahan makanan segar ini untuk memberikan asupan asam lemak omega 3 dan 6, vitamin A, vitamin B12, Vitamin B6, dan beberapa mineral penting lainnya.

Nutrisinya yang lengkap ini dapat membantu meningkatkan kekebalan kucing, mencegah obesitas, membantu metabolismenya, dan meningkatkan kesehatan penglihatan. Selain itu, asupan ikan juga mencegah gangguan kesehatan seperti radang sendi, gangguan ginjal maupun jantung.

Ingin memberikan kebaikan ikan tanpa risiko kesehatan? Pilih Muezza yang terbuat dari bahan-bahan alami dan diproses dengan teknologi modern. Melibatkan ahli nutrisi, tidak perlu diragukan lagi kualitasnya untuk menjaga anabul tetap sehat dan aktif. Bukan hanya itu saja, brand makanan kucing kering ini pun sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Sehat dan halal, pemilik kucing pun kini bebas was-was saat memegang cat food, terkena air liurnya, membersihkan wadah makan, hingga mencari lokasi penyimpanannya. Tersedia dalam varian rasa Tuna, Salmon, Mackerel, dan Ocean Fish, saatnya berikan Muezza untuk hewan peliharaanmu, cukup dengan memesannya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee 

Beli Muezza di Tokopedia 

 

Lanjutkan Membaca ↓