9 Jenis Tanaman Hias Populer yang Mempercantik Rumah

Kezia Prasetya Christvidya01 Mar 2021, 19:14 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 21:08 WIB
tanaman-kezo

Fimela.com, Jakarta Ada banyak jenis tanaman hias yang cocok dipajang di rumah, untuk membuat dekorasi rumah terlihat lebih cantik, indah dan terasa lebih sejuk.

Jenis tanaman hias yang bisa mempercantik rumah ini, memiliki harga jual hingga jutaan rupiah, dengan bentuk, warna dan kegunaan yang berbeda-berbeda.

Tanaman hias ini bisa di taruh disetiap sudut ruangan, di atas meja, di dalam air, di gantung atau di halaman rumah.

Tanaman hias memiliki 5 jenis, yaitu tanaman hias bunga, daun, buah, akar dan batang. Tanaman hias ini digemari banyak orang dan dapat dijual dengan mendapatkan keuntungan yang banyak. Berikut jenis tanaman hias yang bisa mempercantik rumah, dilansir dari Liputan6:

Jenis Tanaman Hias Populer

ilustrasi tanaman hias/Daria Shevtsova/pexels
ilustrasi tanaman hias/Daria Shevtsova/pexels

Aglaonema

Aglaonema adalah jenis tanaman hias, yang harganya dijual mulai Rp 30ribu hingga jutaan rupiah. Tanaman hias ini memiliki jenis yang bermacam-macam, dengan corak, warna dan ukuran yang berbeda-beda.

Monstera

Jenis tanaman hias yang selanjutnya adalah monstera. Tanaman hias ini sangat populer di kalangan pecinta tanaman. Tanaman hias ini memiliki kegunaan untuk membantu menghijaukan ruangan dan membuat rumah terasa sejuk. Jenisnya yang paling populer adalah janda bolong atau Monstera Obliqua dan Monstera Adansonii. Tanaman ini dijual dengan harga sekitar Rp 50ribu hingga jutaan rupiah.

Alocasia

Tanaman hias jenis Alocasia masih sekelompok dengan jenis aglaonema, keladi dan anthurium. Tanaman hias ini memiliki bentuk yang unik dan terdiri dari jenis 70 Alocasia yang berbeda-beda. Jenis yang paling dicari adalah Alocasia Melo, Alocasia Wentii, Alocasia Longiloba, Alocasia Micholtziana Frydek dan Alocasia Amazonia Polly, dengan harga jual mulai Rp 25ribu hingga ratusan ribu.

Jenis Tanaman Hias yang Selanjutnya

ilustrasi jenis tanaman hias/valeria Ushakova /pexels
ilustrasi jenis tanaman hias/valeria Ushakova /pexels

Homalomena

Homalomena adalah tanaman hias yang terkenal dan banyak digemari pecinta tanaman, karena memiliki jenis daun yang besar, berkilau dan sangat mudah untuk dirawat. Tanaman ini juga memiliki jenis daun yang berbentu hati atau mata panah. Sehingga tanaman ini sering disebut sebagai ratu hati atau tanaman perisai.

Tanaman hias ini masih sejenis dengan aglaonema dan keladi. Daun dari tanaman ini juga menarik, karena berwarna hijau tua dengan corak merah di bahian bawah. Harga tanaman ini yaitu Rp 10ribu hingga belasan juta rupiah.

Calathea

Jenis tanaman hias yang selanjutnya adalah Calathea, yang memiliki daun lonjong dengan corak garis berwarna. Tanaman hias ini sering disebut sebagai tanaman zebra, tanaman merak atau tanaman ular berbisa. Tanaman hias ini harganya relative murah, yaitu mulai Rp 20ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Philodendron

Philodendron adalah jenis tanaman hias yang mudah untuk dibudidayakan. Sehingga banyak orang menyukai jenis tanaman hias ini. Tanaman ini memiliki daun yang berbentuk hati dan berbentuk hijau, yang mampu membuat sudut rumah terasa lebih hijau dan sejuk. Tanaman ini bisa dijadikan tanaman rambat dan gantung, yang dijual dengan harga mulai Rp 15ribu hingga ratusan ribu.

Jenis Tanaman Hias yang Terakhir

ilustrasi jenis tanaman hias/Vlada Karpovich/pexels
ilustrasi jenis tanaman hias/Vlada Karpovich/pexels

Peperomia

Jenis tanaman hias yang selanjutnya adalah Peperomia. Tanaman ini terdiri lebih dari 1.500 spesies. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman abadi, dengan daun yang tumpul tebal dan teksturnya seperti karet. Tanaman hias ini dijual dengan harga Rp 20ribu hingga ratusan ribu.

Jenggot Musa

Jenis tanaman hias yang selanjutnya adalah jenggot musa. Tanaman hias ini memiliki nama lain Spanish Moss yang sangat populer. Tanaman ini adalah jenis tanaman yang tumbuh menggantung di dahan pohon. Tanaman ini dijual dari harga Rp 20ribu hingga Rp 70ribuan.

Hoya

Jenis tanaman hias yang terakhir adalah Hoya. Tanaman ini memiliki jenis daun lilin dan bunga aromatik. Tanaman ini dapat hidup subur di ruangan yang memiliki banyak cahaya. Tanaman ini mudah dirawat dan bisa hidup di lahan yang kering. Harga jualnya mulai Rp 20ribu hingga Rp 100ribu.

Lanjutkan Membaca ↓