3 Tips Agar Diterima dan Menjalin Pertemanan dengan Rekan Kerja di Kantor

Gayuh Tri Pinjungwati02 Mar 2021, 12:15 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 12:15 WIB
rekan kerja

Fimela.com, Jakarta Rekan kerja, merupakan salah satu hal yang dapat membuatmu tetap bahagia saat di kantor. Dirimu menghabiskan sebagian besar waktu dengan rekan kerja di kantor. Oleh karena itu, akan lebih masuk akal bila dirimu perlahan mulai menganggap mereka sebagai teman dekatmu. Bagaimanapun, dirimu melihat orang-orang ini setiap hari dan tidak ada salahnya dirimu ingin memperluas lingkaran pertemanan.

Rekan kerja, mengangkat dan mendorongmu untuk bisa bekerja dengan baik. Baik itu hari yang buruk di tempat kerja atau mereka menyemangatimu atas kesuksesanmu, rekan kerja mempermudahmu menjalani hari. Berikut adalah beberapa tips untuk menjalin pertemanan dengan rekan kerja.

Jangan Melampaui Batasan

Meskipun menyenangkan, jangan melupakan bahwa dirimu memiliki atasan atau manager di kantor. Dirimu dapat dengan santai mengutarakan pikiran dan jujur ​​tentang banyak hal dan juga, mencari nasihat berpengalaman dari mereka, kondisi masih normal. Namun, yang perlu dirimu ingat adalah apa yang dirimu pilih untuk didiskusikan dengan atasanmu. Komentar cepat atau beropini dapat membuat atasanmu melihatmu dari sudut pandang yang berbeda dan dalam prosesnya, dirimu mungkin kehilangan rasa hormat di mata mereka. Ini juga berlaku saat dirimu mengirimkan materi kerja atau laporan. Bersikap terlalu ramah dalam aspek itu dapat mengancam posisimu di kantor.

Bersikap Penuh Perhatian

Kurangi Basa-Basi dan Bicara Langsung Pada Intinya
Ilustrasi Rekan Kerja Credit: unsplash.com/Amy

Tempat kerja terdiri dari orang-orang yang berbeda, dari tempat yang berbeda dan dengan gaya hidup yang berbeda. Beberapa mungkin tinggal di lingkungan yang sama dan sudah menikah, sementara yang lain lebih suka pesta. Jadi, sangat penting untuk mempertimbangkan waktu dan jadwal setiap orang saat mencoba membayangkan sebuah pertemuan.

Semua orang ingin berkumpul bersama, tetapi terkadang tidak bisa karena mereka terikat dengan jadwal atau prioritas harian mereka. Bersikaplah fleksibel dan perhatian daripada mengatakan bahwa dirimu tidak dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan mereka. Misalnya, jika dirimu merencanakan sebuah acara, pastikan memilih waktu yang sesuai bagi semua orang terutama yang sudah menikah dan memiliki anak karena mereka juga memiliki tanggung jawab yang lebih besar di rumah.

Jadilah Dirimu Sendiri

Untuk berbaur dengan lingkungan kantor, dirimu mungkin merasa terdorong untuk bertindak sesuai dengan rekan kerja dan atasan lainnya. Dirimu mungkin merasa cenderung untuk bertindak dengan cara tertentu agar mudah berbaur dengan budaya perusahaan. Tapi, aturan dalam persahabatan selalu dipertahankan. Selalu menjadi dirimu sendiri. Berpura-pura menjadi orang lain bisa melelahkan dan juga bisa menguras energimu.

Sebaliknya, jadilah diri sendiri, bicarakan tentang pandangan dan opinimu serta kemukakan selera dan ketidaksukaanmu. Beberapa mungkin menentang itu tetapi yang lain mungkin menghargaimu karena berani menjadi diri sendiri. Banyak yang akan menyukaimu untuk. Kemudian dirimu pasti akan mengembangkan persahabatan yang nyata dan jujur.

Patuhi aturan sederhana ini dan dirimu tidak akan mengalami masalah dalam berhubungan dengan rekan kerjamu, karena pada akhirnya aturan tersebut membuat harimu lebih mudah dan pekerjaan dirimu dapat bertanggung jawab atas pekerjaanmu.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓