9 Jenis Ikan Koi yang Populer dan Membawa Peruntungan untuk yang Memelihara

Kezia Prasetya Christvidya02 Mar 2021, 11:55 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 12:45 WIB
ikan koi-kezo

Fimela.com, Jakarta Ikan koi adalah jenis ikan hias yang sangat populer. Karena ikan koi memiliki nilai jual yang sangat mahal hingga jutaan rupiah, daripada ikan hias jenis yang lainnya.

Ikan koi merupakan ikan hias yang masih satu turunan dengan ikan mas. Ikan koi memiliki banyak jenis yang bisa dibedakan dari warna dan coraknya. Jenis-jenis ikan koi ini memiliki nama yang berasal Jepang, karena ikan koi sangat populer di negara Jepang, walaupun ikan koi berasal dari perairan tawar China.

Memelihara ikan koi di rumah, bisa membantu menghilangkan stres, menambah nilai estetika di rumah dan dipercaya bisa mendatangkan rejeki. Kalau Sahabat Fimela ingin memelihara ikan koi di rumah, berikut jenis ikan koi dan harganya, dilansir dari Liputan6.com:

Jenis Ikan Koi

ilustrasi jenis ikan koi/Odd Fellow/unsplash
ilustrasi jenis ikan koi/Odd Fellow/unsplash

Kohaku

Jenis ikan koi yang pertama adalah Kohaku Koi. Jenis ikan koi ini dikenal sebagai raja ikan koi, karena memiliki warna yang sangat indah. Jenis ikan ini ada yang dijual mulai Rp 200ribu, tetapi ada juga yang menjual hingga Rp 1,1 miliar di ajang perlelangan ikan koi Nigata Jepang tahun 2010.

Ikan ini memiliki warna putih dengan corak merah dan hidung berwarna kuning. Yang membuat nilai jual ikan koi ini mahal adalah corak merah yang terdiri dari 2 jenis. Jenis pertama memiliki corak merah keunguan yang tebal, tetapi akan memudar seiring bertambahnya usia ikan koi. Jenis kedua adalah oranye merah yang harga mahal dan sangat digemari banyak orang.

Showa

Showa atau yang memiliki nama lain Showa Sanshoku atau Showa Sanke, yang memiliki corak berwarna putih dan merah, yang ada disebagian besar tubuh dengan pangkalan yang berwarna hitam.

Karena perpaduan warnanya yang indah, ikan koi ini akan terlihat sangat cantik saat berenang di kolam. Ikan koi jenis ini memiliki harga jual mulai dari Rp 1 jutaan per ekornya.

Tancho

Jenis ikan koi Tancho memiliki bentuk yang sederhana dan ramping, dengan bintik berwarna merah yang menonjol di area kepala. Jenis koi ini sangat dihormati di negara Jepang.

Koi jenis ini dipercaya mirip Grus japonensis atau red crowned crane, yang bisa membawa keberuntungan untuk orang yang memeliharanya. Jenis ikan koi ini dijual dengan harga mulai Rp 800ribuan.

Jenis Ikan Koi Selanjutnya

ilustrasi jenis ikan koi/Joshua Slate/unsplash
ilustrasi jenis ikan koi/Joshua Slate/unsplash

Asagi

Jenis ikan Asagi koi adalah ikan hias yang memiliki pola berwarna biru, dengan corak seperti jarring di bagian atas tubuhnya. Sedangkan di area perut, sirip, pelat insang dan tubuh koi, memiliki warna merah oranye.

Koi ini memiliki kepala yang berwarna biru pucat atau putih. Koi ini dijual dengan harga sekitar Rp 1,1 jutaan per ekor, harga koi ini akan semakin mahal kalau memiliki banyak warna biru.

Goromo

Jenis ikan koi yang selanjutnya adalah ikan koi Goromo. Ikan ini memiliki nama lain Koromo, dengan corak bulatan berwarna hitam keunguan. Ikan ini termasuk ikan koi persilangan jenis Kohaku dan Asagi.

Ikan koi ini juga memiliki corak berwarna indigo dan biru, dengan harga jual mulai dari Rp 400ribuan. Semakin indah warna dan coraknya, ikan koi ini dijual sampai jutaan rupiah.

Kawarimono

Jenis ikan koi selanjutnya ini adalah koi Kawarimono, ikan ini termasuk ke dalam spesies hibrid atau persilangan, sehingga koi ini tidak memiliki warna merah seperti warna koi pada umumnya.

Koi yang satu ini memiliki warna ungu polos, hijau polos, biru polos, coklat polos dan lain sebagainya dengan harga jual yang relatif murah, yaitu Rp 200ribuan per ekornya.

Jenis Ikan Koi yang Terakhir

ilustrasi jenis ikan koi/Sergio Capuzzimati/unsplash
ilustrasi jenis ikan koi/Sergio Capuzzimati/unsplash

Ogon

Ikan koi Ogon adalah jenis ikan koi yang warnanya sangat indah, yaitu berwarna kuning keemasan, karena ikan koi ini merupakan persilangan antara Koi berpunggung kuning dengan jenis koi Shiro-Fuji.

Jenis ikan koi ini sudah ada sejak tahun 1946, yang ditemukan oleh seseorang bernama Sawati. Koi Ogon ini dijual dengan harga mulai Rp 1,5juta per ekornya. Karena penggemar ikan koi sangat menyukai warna keemasan dari ikan ini.

Shiro Bekko

Shiro Bekko adalah jenis ikan koi yang memiliki warna dasar putih susu, dengan corak berbentuk tutul-tutul, dengan warna hitam yang pekat.

Jenis ikan koi ini sangat populer, karena memiliki warna yang unik dan sangat cantik. Sehingga ikan koi ini dijual dengan harga Rp 800ribuan per ekornya.

Hikarimoyomono

Jenis ikan koi ini juga memiliki warna yang putih, tetapi warna putih di tubuh ikan koi ini bisa berubah menjadi silver, jika terkena pantulan sinar matahari.

Ikan koi ini juga memiliki corak berwarna hitam. Harga ikan koi ini sekitar Rp 700ribuan per ekor, karena jenis ini termasuk jenis ikan koi yang langka.

Lanjutkan Membaca ↓