Mosi Adalah Keputusan Rapat, Ketahui Perbedaan Mosi Tak Percaya dan Kepercayaan

Imelda Rahma02 Mar 2021, 15:47 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 15:47 WIB
Mosi

Fimela.com, Jakarta Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mosi adalah keputusan rapat. Kata ‘mosi tidak percaya’ pun belum lama ini kembali mencuat ke publik dan menjadi trending di media sosial. Kata ‘mosi tidak percaya’ bergema setiap kali muncul undang-undang baru yang dinilai tidak berpihak kepada rakyat.

Menurut Wikipedia, mosi tidak percaya adalah sebuah prosedur parlemen yang digunakan kepada parlemen oleh parlemen oposisi dengan harapan mengalahkan atau mempermalukan sebuah pemerintahan.

Kembali kepada pengertian mosi menurut KBBI, mosi adalah keputusan rapat. Menilik dari KBBI, mosi tersebut dibagi menjadi dua yakni mosi kepercayaan dan mosi tidak percaya. Jika diartikan, mosi kepercayaan tentunya merujuk kepada kepercayaan terhadap kebijakan pemerintah. Sementara mosi tidak percaya adalah sebuah pernyataan tidak percaya terhadap kebijakan pemerintah.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas pengertian mosi serta informasi terkait perbedaan antara mosi percaya dan tidak percaya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Mosi

Pengertian Mosi
Ilustrasi Kegiatan Formal Credit: pexels.com/Seldi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mosi adalah keputusan rapat. Dalam KBBI juga dijelaskan bahwa mosi terbagi menjadi dua yakni mosi kepercayaan dan mosi tidak percaya. kata mosi sendiri, belum lama ini mencuat ke publik setelah RUU Cipta Kerja disahkan menjadi Undang-Undang.

Mosi adalah keputusan rapat yang salah satu diantaranya adalah mosi tidak percaya. Mosi tidak pervaya kerap mencuat ke permukaan setiap kali muncul undang-undang yang tidak berpihak kepada rakyat.

Jika dilihat dari pengertian lainnya, mosi adalah salah satu unsur debat. Mosi adalah topik yang akan diperdebatkan oleh para peserta debat. Sebelum melaksanakan debat tentunya harus ada mosi atau topik yang diperdebatkan. Debat tentunya tak bisa berjalan jika tidak ada mosi ataupun topik yang diperdebatkan oleh peserta.

Selain mosi adalah keputusan rapat, penegetian lainnya mosi adalah topik dalam debat. Syarat mosi dalam debat tentunya harus menarik. Mosi merupakan salah satu unsur dalam debat. Dalam debat harus ada mosi yang akan diperdebatkan. Mosi sendiri merupakan suatu hal atau topik yang diperdebatkan oleh para peserta debat. 

Adanya mosi sangat penting dalam sebuah debat karena terdapat pihak yang pro dan pihak yang kontra. Berikut ini beberapa syarat mosi dalam kompetisi debat :

  1. Mosi harus menarik
  2. Mosi harus fokus pada suatu peristiwa
  3. Mosi pada umumnya harus memiliki solusi (solusinya dapat ditemukan)
  4. Mosi harus seimbang (adanya keseimbangan antara pro dan kontra sehingga dapat diperdebatkan)

Seputar Mosi Tidak Percaya

Seputar Mosi Tidak Percaya
Ilustrasi Rapat Credit: pexels.com/Valdo

Dalam KBBI mosi adalah keputusan rapat yang terbagi menjadi dua. Dua diantaranya yakni mosi kepercayaan dan mosi tidak percaya. Mosi tidak percaya merupakan mosi yang belum lama ini kembali bergema. Menurut Wikipedia, mosi tidak percaya adalah sebuah prosedur parlemen yang digunakan kepada parlemen oleh parlemen oposisi dengan harapan mengalahkan atau mempermalukan sebuah pemerintahan.

Mosi kepercayaan adalah mosi yang menyatakan bahwa wakil rakyat percaya kepada kebijakan pemerintah. Sedangkan dalam politik, mosi tidak percaya adalah bentuk pernyataan tidak percaya dari Dewan Perwakilan Rakyat terhadap kebijakan pemerintah. 

Dilansir dari laman Parlament.gv.at, sebuah situs resmi Republic of Austria, mosi tidak percaya adalah instrumen kontrol politik yang paling ketat. Anggota Dewan Nasional bisa menarik kepercayaan dari Pemerintah Federal atau beberapa anggotanya dengan resolusi (putusan) yang berlaku. Dalam hal ini, Pemerintah Federal atau Menteri akan dibebastugaskan dari jabatannya. 

Mosi tidak percaya menjadi pola pengawasan dan pertanggungjawaban dalam sistem pemerintahan parlementer. Setelah mengajukan mosi tidak percaya, parlemen bisa mendesak untuk membentuk pemerintahan baru. Mosi tidak percaya sempat beberapa kali terjadi dalam sejarah Indonesia, namun bukan dari DPR pada pemerintah. Kejadian mosi tidak percaya pernah diajukan mahasiswa terkait pembatalan revisi UU KPK pada September 2019.

Mosi dilahirkan dari pemerintah kepada parlemen. Namun di Indonesia, mosi tidak percaya berasal dari mahasiswa dan masyarakat kepada DPR. Kembali pada penjelasan sebelumnya, mosi yang berasal dari mahasiswa dan masyarakat kepada DPR lantaran munculnya undang-undang baru yang tidak berpihak kepada rakyat. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan mengapa mosi di Indonesia lebih sering berasal dari masyarakat dan mahasiswa kepada DPR.

Seputar Mosi Percaya

Seputar Mosi Percaya
Ilustrasi Rapat Credit: pexels.com/bantersp

Mosi kepercayaan merupakan bagian dari mosi yang telah disebutkan dalam KBBI. Kembali menilik tentang makna mosi kepercayaan menurut KBBI adalah mosi yang menyatakan wakil rakyat percaya kepada kebijakan pemerintah (pengurus organisasi dan sebagainya).

Mosi kepercayaan ini jarang terdengar atau bahkan belum pernah terdengar. Jika dilihat dalam contoh kecilnya yakni lingkup organisasi, mosi kepercayaan ini akan muncul ketika kebijakan yang dibuat oleh pengurus organisasi dipercayai dan oleh para anggotanya.

Jika kebijakan yang dikeluarkan oleh pengurus organisasi dapat diterima oleh para anggota tentunya tidak terdapat perpecahan seperti yang kerap terjadi ketika mosi tidak percaya bergema.

Lanjutkan Membaca ↓