3 Tips agar Berhasil Menjalani Hubungan LDR

Baiq Nurul Nahdiat03 Mar 2021, 11:35 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 11:35 WIB
ldr

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah mempertimbangkan hubungan jarak jauh, atau yang biasa disebut dalam istilah dengan LDR (Long Dinstance Relationship).

Meskipun sebagian orang sepakat bahwa hubungan jarak jauh tidaklah ideal, namun dengan pola pikir yang benar, ekspektasi yang tepat, dan saran hubungan jarak jauh yang tepat, kamu akan dapat menjalani hubungan LDR yang bisa bertahan lama.

Menyadari hubungan LDR tidaklah mudah, jadi ada beberapa tips bagi kamu agar bisa menjalani hubungan yang awet dengan pasangan walau terpisah jarak yang jauh. Simak tips berikut ini, ya, Sahabat Fimela.

Manfaatkan Teknologi

Hubungan jarak jauh saat ini lebih mudah daripada sebelumnya karena kamu akan memiliki banyak cara untuk tetap terhubung berkat teknologi. Banyak perekat sebuah hubungan ada dalam hal-hal kecil sehari-hari, dan dengan teknologi kamu dapat membagikan segala sesuatu dengan pasangan secara cepat dan mudah, baik itu foto atau pesan.

Selain itu, karena dalam hubungan jarak jauh lebih bergantung pada teknologi untuk tetap terhubung, jadi memungkinkan kamu untuk berkomunikasi secara verbal bahkan lebih dari pasangan yang sering bertemu.

Buatlah Perencanaan

ldr
Ilustrasi/copyright shutterstock/Lisa-S

Penting untuk diketahui, komitmen adalah hal yang sangat penting dalam hubungan jarak jauh. Komitmen tidak hanya sebatas janji saja, namun juga perencanaan yang lebih jauh tentang hubungan yang akan kamu jalani ke depannya bersama pasangan.

Misalnya, jika saat ini dirimu atau pasanganmu sedang menjalani pendidikan di perguruan tinggi, maka buatlah perencanaan bagaimana hubungan kalian setelah lulus dari kuliah, apakah akan melanjutkan ke pernikahan atau ingin fokus mengejar karier. Hal ini penting, karena memiliki kesamaan visi dalam sebuah hubungan akan membuatnya bertahan lama.

Menjaga Komitmen

ldr
Ilustrasi/copyright shutterstock/Andrey_Popov

Meskipun hubungan jarak jauh sangat sulit namun ia juga memiliki batas waktu, tidak selamanya dirimu dan pasangan akan terpisah. Sehingga dalam waktu yang lama itu penting untuk menjaga komitmen yang sudah dibuat, dengan tetap setia dan menjaga kepercayaan pasanganmu. Pada akhirnya kamu dan pasangan akan berada di tempat yang sama.

Jadi penting untuk menentukan kapan hal itu akan terjadi, dan jika dirimu dan pasangan sudah memiliki dan memegang komitmen yang sama dalam menjaga hubungan kalian, maka tinggal menjalankan rencana yang sudah ada.

Hubungan jarak jauh memang tidak mudah dijalani karena sulitnya waktu bertemu terkadang bisa mengikis perasaan cinta itu sendiri. Namun dengan menjaga komitmen, menjaga kesetiaan kepercayaan, saling mengabari dan dengan kedewasaan sikap, sebesar apa pun masalah dalam sebuah hubungan pasti akan bisa dihadapi bersama-sama. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓