7 Perempuan Membuat Sejarah Dunia di Awal Tahun 2021

Anisha Saktian Putri08 Mar 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 08 Mar 2021, 19:11 WIB
Penampilan Kamala Harris saat dilantik menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat menggunakan karya-karya desainer kulit berwarna

Fimela.com, Jakarta Hari Perempuan Sedunia pada 8 Maret merupakan kesempatan untuk merayakan pencapaian perempuan. Dari politik hingga bisnis, agama hingga olahraga, perempuan di semua bidang di seluruh dunia sudah menjadi yang terbaik tahun ini.

Walaupun masih awal tahun 2021, beberapa perempuan berikut ini telah membuat sejarah yang bisa menjadi inspirasi kaum perempuan di dunia. Melansir, weforum.org berikut ini daftar nama-nama perempuan hebat di dunia.

1. Kamala Harris

Ketika Harris meletakkan tangannya di atas Alkitab pada tanggal 20 Januari 2021 lalu, dia telah membuat sejarah dalam tiga hal: Dilantik sebagai orang kulit hitam pertama, Amerika Asia Selatan pertama dan Wakil Presiden perempuan pertama. Sebelum pandemi, kurangnya kesetaraan gender dalam politik di Amerika Serikat.

“Meskipun saya mungkin wanita pertama di kantor ini, saya tidak akan menjadi yang terakhir. Karena setiap gadis kecil yang menonton malam ini melihat bahwa ini adalah negara penuh peluang," ujar Kamala Haris.

2. Amanda Gorman

Amanda Gorman
Amanda Gorman (Instagram/amandascgorman)

Amanda Gorman yang berusia 22 tahun, Pemenang Penyair Pemuda Nasional AS pertama, yang menjadi penyair termuda yang tampil pada pelantikan presiden. Gorman membuat sejarah lagi pada bulan Februari, ketika dia menjadi penyair pertama yang tampil di Super Bowl, membaca puisinya Chorus of the Captains. Pada 8 Maret, dia akan memoderatori Percakapan Hari Perempuan Internasional antara Hillary Clinton dan Ketua DPR Nancy Pelosi.

3. Kaja Kallas

Kaja Kallas/dok. Twitter @Kajakallas
Kaja Kallas/dok. Twitter @Kajakallas

Kurang dari seminggu setelah Kamala Harris memasuki buku sejarah, melintasi Atlantik, Kaja Kallas menjadi Perdana Menteri perempuan pertama Estonia. Negara ini sekarang memiliki seorang Perdana Menteri dan Presiden perempuan.

4. Zara Mohammed

Zara Mohammed/dok. themuslimtime.info
Zara Mohammed/dok. themuslimtime.info

Pada tanggal 1 Februari, Zara Mohammed menjadi perempuan pertama, dan pada usia 29 tahun, orang termuda yang terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris, badan perwakilan Muslim terbesar di negara itu. Dia berkata bahwa dia berharap hal itu akan mendorong wanita untuk mengambil peran kepemimpinan.

"Saya pikir perempuan terkadang ragu untuk mengambil peran kepemimpinan meskipun mereka lebih dari memenuhi syarat untuk melakukannya," ungkapnya.

5. Sarah Thomas

Pada 7 Februari, Sarah Thomas menjadi perempuan pertama yang memimpin sebagai wasit Super Bowl.

6. Seiko Hashimoto

Seiko Hashimoto/dok. Olympic.org
Seiko Hashimoto/dok. Olympic.org

Seiko Hashimoto, mantan Menteri Olimpiade Jepang, memimpin Olimpiade berikutnya sebagai presiden Tokyo 2020 setelah pendahulunya, Yoshiro Mori yang mengundurkan diri. Hanya lima dari 24 anggota Komite Olimpiade Jepang adalah perempuan. Hashimoto adalah atlet Olimpiade tujuh kali dan memenangkan perunggu untuk speed skating pada tahun 1992 (foto).

7. Chloé Zhao

Mengenal Chloe Zhao, Sutradara Perempuan Asia Pertama yang Memenangkan Golden Globes 2021
Chloe Zhao berhasil menjadi sutradara perempuan Asia pertama yang memenangkan Golden Globes 2021 (Foto: instagram/__chrislombardi)

Di Golden Globe Awards pada 28 Februari, Zhao menjadi perempuan Asia pertama dan satu-satunya perempuan kedua yang memenangkan penghargaan sebagai sutradara terbaik, untuk filmnya Nomadland.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓