3 Bahan Rumah untuk Membersihkan Noda Terbakar pada Panci

Baiq Nurul Nahdiat03 Mar 2021, 19:45 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 19:45 WIB
Cuci panci

Fimela.com, Jakarta Biasanya, sebelum membersihkan panci atau wajan yang terbakar atau berkerak, merendamnya dalam larutan sabun kemudian kamu mencoba mencucinya dengan sikat dan spons keras, bisa efektif membersihkannya. Namun jika noda bekas terbakarnya membandel akan sangat sulit dibesrsihkan, malah jika salah-salah bisa merusak lapisan panci atau wajan.

Agar tidak bingung, ada tips mudah untuk Sahabat Fimela untuk membersihkan panci yang terbakar. Seperti apa tipsnya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Menggunakan Sabun dan Air Hangat

Metode sederhana namun efektif ini seringkali berhasil untuk menghilangkan sebagian besar noda bakar medium dan sedang pada panci. Pertama, isi panci dengan air panas dan tambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring ke dalamnya. Kemudian taruh panci di atas kompor dan didihkan larutan sabunnya.

Masak larutan sabun dengan api kecil selama 15 menit atau lebih (tergantung jumlah jelaga). Lalu, gunakan spatula untuk mengikis sisa karbon dari panci. Dan terakhir, bersihkan sisa kotoran yang menempel dengan menggunakan spons.

Menggunakan soda dan cuka

Menggunakan Baking Soda
Ilustrasi Baking Soda Credit: freepik.com

Metode ini cocok untuk membersihkan semua jenis panci dari semua bahan (enamel, besi cor, teflon dan baja). Encerkan air dan cuka dengan perbandingan 1: 1 dalam panci kotor sehingga larutan menutupi kontaminan, kemudian didihkan.Lalu, angkat larutan mendidih dari api dan tambahkan 2-3 sendok makan soda ke dalamnya, (campuran akan berbusa dan mendesis).

Biarkan selama 10-20 menit lagi dan panaskan kembali di atas kompor. Saat kotoran sudah mulai terangkat, kikislah dengan spatula agar semakin bersih. Terakhir cuci dan bilas wajan dengan cara biasa.

Menggunakan Garam

Garam
Ilustrasi Garam Credit: pexels.com/Lorena

Cara terbaik untuk membersihkan panci atau kuali serta peralatan dari enamel adalah dengan bantuan garam. Dia menyerap lemak dan kotoran berkerak dengan sempurna. Caranya, taruhlah beberapa genggam garam di bagian bawah (semakin banyak kerak, semakin banyak garam yang digunakan) kemudian gosok dengan handuk kertas dengan beberapa tetes cairan pencuci piring. Terakhir. bilas saja panci di bawah air (cairan pencuci piring bisa tidak digunakan).

Sebaiknya, gunakanlah garam kasar untuk membersihkan noda bekas terbakar. Panci apa pun, kecuali baja, dapat dengan mudah dibersihkan dari kerak dengan garam. Atau juga dengan cara merebus garam di dalamnya, untuk 1 liter air 5-6 sendok makan garam dengan waktu merebus 30-40 menit dengan api kecil.

Demikianlah beberapa bahan rumah yang bisa digunakan untuk membersihkan noda terbakar pada panci atau wajan. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓