Sukses

Lifestyle

5 Langkah Ini akan Membuatmu Lebih Mencintai Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang mengatakan mencintai diri sendiri, namun sering kali keulitan untuk merealisasikannya. Mencintai diri sendiri adalah hal pokok untuk menunjang kesehatan mental agar mendapat kualitas hidup yang lebih baik. Mencintai diri sendiri erat kaitannya dengan penerimaan terhadap kelebihandan kekurangan, karena kadang seseorang selalu saja merasa kurang pada dirinya sendiri.

Nah,berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meralisasikan bentuk dari mencintai diri sendiri. Yuk! Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kenali Diri Sendiri

Drimu tidak mungkin mencintai diri sendiri tanpa mengenal siapa dirimu yang sebanarnya. Jadi kenalilah siapa dirimu, mulai dari sifat, pola pikir, hobi dan ketahuilah apa yang menjadi kelamahan dan kekuranganmu, juga bentuk fisikmu. Kenalilah dirimu sedetail mungkin dan terimalah itu semuanya. Sebab, seseorang tidak bisa memilih akan seperti apa saat ia dilahirkan.

Jangan Membandingkan Dirimu dengan Orang lain

Pahamilah dan peganglah konsep ini, orang lain tidak lebih baik atau lebih buruk darimu, mereka hanya berbeda darimu. Jadi terimalah segala yang ada pada dirimu dan tidak perlu membandingkannya dengan orang lain, karena pada dasarmnya tidak manusia yang sama di dunia ini.

Fokus pada Kebahagiaan

Hidup memang tidak selalu penuh dengan suka cita, ada kalanya hidup juga penuh dengan gangguan dan tekanan. Jadi fokuskanlah diri pada hal-hal ini menyenangkan dan berharga dan jangan fokus pada suatu hal yang membuatmu selalu merasa terpuruk atau suatu yang bisa membuatmu tidak bisa menerima dirimu apa adanya. Jadilah apa adanya dan fokuslah pada kebahagiaan.

Kenali Potensimu

Semua orang memiliki karunia yang luar biasa, tetapi ini banyak yang luput dalam perhatian seseorang. Saat dirimu hanya sibuk mengurusi orang lain maka dirimu akan kehilangan waktu untuk mengembangkan kualitas dirimu. Jadi saat kamu melihat orang dengan kemampuan luar biasa, maka fokuslah pada kekuatanmu dan kembangkan bakatmu. Dengan begitu perasaan positif akan terus meningkat dalam dirimu.

Jujurlah pada Diri Sendiri

Jujur pada diri sendiri tak semudah mentakannya. Banyak orang yang lebih suka menipu dirinya sendiri bahkan tanpa sadar sedang melakukannya. Kejujuran adalah kunci dalam semua hubungan, termasuk dalam hubunganmu dengan dirimu sendiri. Jujur pada diri sendiri berkaitan erat dengan penerimaan terhadap kekurangan yang dimiliki. Jadi jangan takut untuk merasa kurang, karena itu adalah hal yang manusiawi.

Seseorang terkadang sulit mencintai dirinya sendiri karena merasa ada standar kesempurnaan yang ingin diraih dalam dirinya, sehingga ia menolak kekurangan atau kelemahannya sendiri. Padahal saat seseorang mampu menerima kekurangannya, saat itulah ia juga telah mencintai dirinya sendiri. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading