5 Urutan Memakai Obat Kumur yang Benar

Kezia Prasetya Christvidya05 Mar 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 05 Mar 2021, 15:15 WIB
obat kumur-kezo

Fimela.com, Jakarta Obat kumur adalah salah satu obat yang berfungsi untuk mencegah bau mulut, membersihkan gigi dan menjaga kesehatan gusi. Obat kumur ini sangat banyak dijual dipasaran dan harganya sangat terjangkau.

Sebagian orang merasa kalau sikat gigi itu tidak bisa membersihkan gigi dengan sempurna, sehingga membutuhkan obat kumur untuk membersihkan sisa kotoran yang ada mulut, serta membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut.

Untuk menggunakan obat kumur ini tidak boleh digunakan sembarangan, karena bisa memberikan efek samping untuk mulut, gigi dan gusi. Agar tidak salah menggunakan obat kumur, berikut urutan memakai obat kumur yang benar, dilansir dari berbagai sumber:

Manfaat Obat Kumur

ilustrasi manfaat obat kumur/New Africa/shutterstock
ilustrasi manfaat obat kumur/New Africa/shutterstock

Rutin menggunakan obat kumur setiap hari, bisa membantu menjaga kesehatan mulut, karena obat kumur memiliki kandungan antibakteri chlorhexidine atau cetylpyridinium.

Obat kumur memiliki manfaat yang bisa membantu menghilangkan bau mulut, setelah mengonsumsi makan yang berlemak atau terlalu manis. Obat kumur juga bermanfaat untuk mencegah menumpuknya plak pada gigi.

Selain itu, obat kumur juga bisa membantu mencegah gigi berlubang karena plak yang menempel pada gigi, bakteri dan zat asam. Setelah melakukan operasi gigi, obat kumur akan membantu mempercepat proses penyembuhan pasca operasi.

Urutan Memakai Obat Kumur

ilustrasi Urutan memakai obat kumur/Davizro Photography/shutterstock
ilustrasi Urutan memakai obat kumur/Davizro Photography/shutterstock

Supaya obat kumur berfungsi dengan baik, kamu harus menggunakan obat kumur dengan urutan yang tepat. Berikut urutan menggunakan obat kumur:

1. Kumur Pakai Air

Sebelum menggunakan obat kumur, lebih baik berkumurlah menggunakan air bersih setelah makan, agar kandungan obat kumur bisa berfungsi secara optimal untuk menjaga kesehatan gigi.

2. Gosok Gigi

Setelah berkumur dengan air, gosoklah gigimu dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di area gigi, dan basuh menggunakan air biasa.

3. Kumur dengan Obat Kumur

Hindari menggunakan obat kumur untuk berkumur secara langsung setelah menggosok gigi, karena bisa menghilangkan kandungan flouride. Kumurlah dengan obat kumur kurang lebih 30 menit setelah menggosok gigi.

4. Gunakan Sebanyak 2 Sendok Teh

Terlalu banyak menggunakan obat kumur, bisa memberikan efek samping untuk kesehatan mulut. Untuk itu, campurkan obat kumur sebanyak 2 sendok teh dengan air biasa.

5. Kumur Selama 1 Menit

Usahakan untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit, agar kandungan antiseptik dan antibakteri pada obat kumur, bisa berfungsi secara optimal di gigi dan mulut.

 

Efek Samping Obat Kumur

ilustrasi obat kumur/New Africa/shutterstock
ilustrasi obat kumur/New Africa/shutterstock

Obat kumur memiliki kandungan alkohol yang sangat banyak. Sehingga akan berbahaya jika obat kumur tertelan. Efek samping obat kumur jika tertelan, bisa menyebabkan mual dan muntah.

Selain itu, obat kumur yang tertelan bisa menyebabkan sistem pencernaan terganggu, seperti diare, sakit perut, sakit tenggorokan dan peradangan pada usus.

Efek samping obat kumur yang parah adalah membuat tubuh menjadi demam, gangguan pada sistem pendengaran, gusi berdarah, iritasi mulut dan sariawan.

Lanjutkan Membaca ↓