Sukses

Lifestyle

Lakukan 5 Tips Ini untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Banyak sekali orang yang tidak merasa percaya diri karena selalu merasa kurang, mengaggap dirinya tidak akan mampu atau bisa jadi karena menjadikan orang lain sebagai standar dalam kehidupannya. Rasa kurang percaya diri adalah perasaan yang datang dalam diri sendiri dan hanya bisa ditaklukkan oleh dir kita sendiri. Tidak merasa percaya diri ini juga berdampak buruk, menjadikan seseorang sulit berkembang atau kesulitan dalam beraktivitas.

Oleh karena itu, di sini ada beberapa tips untuk meningkatkan rasa percaya agar tidak merasa minder atau bahkan menyalahkan diri. Yuk! Simak tips berikut ini.

Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Jangan membandingka diri dengan prang lain dalam hal apapun, baik itu penampilan, pendapatan, pasangan, keterampilan dan sebagainya. Faktanya, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan di Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara rasa iri dan perasaan Anda terhadap diri sendiri.

Penelitian menemukan bahwa orang yang membandingkan dirinya dengan orang lain akan mengalami rasa iri. Dan semakin mereka iri, semakin buruk perasaan mereka tentang diri mereka sendiri. Berpikir bahwa orang lain lebih baik atau lebih unggul hanya akan mengikis kepercayaan dirimu. Setiap orang dilahirkan dengan jalan hidup yang berbeda dan bukan untuk bersaing dengan yang lain.

Merawat Diri

Sulit untuk merasa nyaman dengan diri sendiri jika tidk melalukan perawatan. Perawatan di sini tidak hanya berarti segala sesuatu yang nampak secara fisk namun juga kesehatan dan pikiran. Di sisi lain, jika kamu mempraktikkan perawatan diri, kamu akan melakukan sesuatu yang positif untuk tubuh dan pikiranmu, dan hal tersebut akan membuatmu merasa lebih percaya diri. Misalnya dengan menjaga pola makan, melakukan olahraga, melakukan meditasi, menjaga diri dari stres dan seterusnya.

Memaafkan Diri Sendiri

Memaafkan diri sendiri terkait dengan melakukan kebaikan saat membuat kesalahan, gagal, atau mengalami kemunduran. Berbicara kasar kepada diri sendiri tidak akan memotivasi dirimu untuk menjadi lebih baik. Justru sebaliknya dirimu akan semakin dijauhkan dari kepercayaan diri. Tidak apa-apa meluangkan waktu untuk menertawakan kegagalan dan menganggap itu sebagai hal yang wajar, karena tidak ada manusia yang sempurna yang tak pernah membuat kegagalan atau kesalahan.

Berbicara pada Diri Sendiri

Menggunakan self-talk yang optimis dapat membantu menumbuhkan rasa kasih sayang, merangkul keraguan diri, dan menghadapi tantangan baru. Bicarakanlah hal-hal positif tentang diri sendiri agar bisa menumbuhkan percaya diri. Berbicara pada diri sendir saat mengalami masalah juga bisa membantu seseorang pulih lebih cepat. Katakan bahwa kamu adalah orang yang hebat, orang yang tidak mudah menyerah dan dirimu pasti bisa melewati masa-masa sulit ini.

Hadapi Keakutan

Seseorang sering kali terhambat dalam melakukan sesuatu karena mengalami ketakutan dalam dirinya. Mulai saat ini buatlah daftar tentang apa yang kamu takuti dan cobalah untuk menaklukkan hal tersebut. Terkadang apa yang terlihat menakutkan tak selalu seperti itu dalam realitasnya, karena ketakutan itu berasal dari dirimu sendiri. Mungkin saat menaklukkan ketakutan dirimu akan merasa malu, merasa tidak nyaman atau merasa aneh, namun itu hanya perasaan tidak akan membunuhmu.

Demikianlah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Senoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading