Sukses

Lifestyle

Cegah Mata Lelah saat Bekerja dengan 5 Tips Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Bekerja terlalu lama, terlebih jika terlalu lama memandang komputer bisa berdampak pada kesehatan mata. Beberapa di antaranya yang mungkin dialami seperti mata terasa perih, mata berair, pengelihatan menjadi gelap atau bahkan merasakan pusing.

Jadi, di bawah ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata selama bekerja, agar mata tetap rileks dan tidak gampang kelalahan. Langsung saja, simak ulasan berikut ini!

Posisi Monitor yang Tepat

Saat bekerja, usahakan untuk menaruh monitor sedikit ke bawah dari ketinggian mata, setidaknya dengan jarak 25 inci atau panjang lengan. Hal ini berfungsi untuk mengurangi intensitas cahaya dan tekanan pada mata.

Mengatur Kecerahan Layar

Layar monitor yang lebih terlalu terang akan memaksa mata untuk bekerja lebih keras. Jadi, cobalah untuk menyesuaikan kecerahan layar dengan tingkat cahaya di dalam ruangan kerja. Agar mata tetap fokus dan tidak gampang merasa lelah.

Hindari Ruangan yang Silau

Hindari silau dari jendela dan cahaya sebanyak mungkin dan gunakan layar anti-silau jika memungkinkan. Hal bertujuan agar kecerahan layar tidak saling bertabrakan dengan cahaya dari luar yang dapat menganggu pantulan cahaya ke mata.

Mengistirahatkan Mata

Gunakanlah aturan 20-20-20: Setiap 20 menit, berhenti setidaknya selama 20 detik dan fokuskan mata pada sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki. Ini mendorong otot-otot pada mata agar lebih rileks dan dapat membantu mengurangi kelelahan.

Berkedip Sesering Mungkin

Biasanya, seseorang secara alami berkedip dalam 4 detik, tetapi beberapa penelitian menunjukkan penurunan ini lebih dari 50% saat menatap layar komputer atau perangkat digital lainnya. Usahakan untuk berkedip sesering mungkin, yang akan membantu menjaga kelembaban mata dan menghindari mata kering.

Untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari kelelahan selama bekerja juga bisa dengan menggunakan obat tetes mata, melakukan pemijitan lembut di sekitar area mata dan yang utama ialah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel, bayam dan ubi jalar. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading