4 Jenis Makanan Pahit yang Berkhasiat bagi Kesehatan Tubuh

Imelda Rahma07 Mar 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 07 Mar 2021, 07:15 WIB
Makanan Pahit

Meskipun rasanya pahit, tetapi makanan-makanan pahitu itu ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Memang makanan pahit kerap dihindari, tetapi jika kamu sudah tahu manfaatnya pasti kamu akan tertarik untuk mengonsumsi makanan pahit. Perlu kamu tahu bahwa makanan pahit sangat bergizi, dapat meningkatkan kesehatan, hingga melindungi diri dari beberapa penyakit.

Dilansir dari Times of India, Senin, 22 Februari 2021, makanan pahit juga dapat meningkatkan imunitas tubuhmu Makanan dengan rasa yang kuat dan lebih merujuk pada rasa pahit ini dikarenakan meningkatkan air liur dan asam lambung.

Makanan ini juga dapat membantu menstimulasi sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan, serta masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Pastinya kamu tidak akan ragu lagi untuk mengonsumsi makanan pahit.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas informasi mengenai 4 jenis makanan pahit yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pare

Pare
Ilustrasi Pare Credit: pexels.com/Baba

Pare adalah sayuran umum yang kerap berada di puncak daftar makanan pahit dan banyak yang tidak menyukainya. Namun, sayur dengan fitokimia sehat seperti triterpenoid, polifenol dan flavonoid ini dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, pare juga obat alami untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kulit Jeruk

Kulit Jeruk
Ilustrasi Kulit Jeruk Credit: pexels.com/Delio

Buah citrus seperti lemon dan jeruk dikemas dengan vitamin C dan kerap ditemukan dalam makanan kamu karena rasanya yang tajam. Namun, kulit buah jeruk yang kita buang sama-sama menyehatkan dan bergizi.

Kulit luarnya terasa pahit karena kandungan flavonoid yang melindungi buah dari hama. Faktanya, mereka mengandung konsentrasi flavonoid yang lebih tinggi daripada bagian buah lainnya. Kamu dapat memarut kulitnya dan menambahkannya ke makananmu untuk rasa dan kesehatan yang lebih baik.

Cokelat Hitam

Cokelat Hitam
Ilustrasi Cokelat Hitam Credit: pexels.com/Frappo

Tidak banyak orang yang menyukai cokelat hitam yang pahit. Namun, cokelat hitam sangat sehat karena kandungan kakao yang tinggi. Bubuk kakao dibuat dari biji tanaman kakao dan rasanya pahit dalam bentuk mentahnya.

Rasa pahit ini karena adanya polifenol dan antioksidan di dalamnya yang dapat memperlebar pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Cokelat hitam juga dikemas dengan mineral seperti seng, tembaga, mangan, magnesium dan besi.

Sayuran Cruciferous

Sayuran Cruciferous
Ilustrasi Sayuran Brokoli Credit: pexels.com/Ginger

Sayuran berdaun hijau cruciferous juga termasuk dalam kategori makanan pahit. Sayuran ini termasuk, brokoli, kubis, lobak, dan bayam yang memiliki rasa sangat kuat karena adanya senyawa yang disebut glukosinolat.

Kandungan itu memiliki banyak manfaat kesehatannya. Studi menunjukkan orang yang makan sayuran ini tidak mudah terkena kanker.

Lanjutkan Membaca ↓