Waspadai 3 Tanda Cemburu Berlebihan pada Pasangan

Baiq Nurul Nahdiat06 Mar 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 06 Mar 2021, 20:07 WIB
pasangan yang bertengkar

Fimela.com, Jakarta Ada yang mengatakan bahwa cemburu sebagai tanda cinta seseorang pada pasangannya, karena itu berarti mereka tidak ingin pasangannya berpaling ke lain hati, tidak ingin pasangannya merasa tidak bahagia atau memastikan agar pasangannya tidak meninggalkannya. Namun bagaimana jika cemburu itu berlebihan, bahkan posesif? Apakah semua orang bisa merasa nyaman dengan semua itu? Tentu saja tidak.

Nah, agar bisa menjalani hubungan yang sehat, baiknya ketahuilah beberapa tanda yang mengindikasikan jika pasanganmu memiliki sikap cemburu yang berlebihan. Yuk! Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Ingin Menghabiskan Seluruh Waktunya Bersamamu

Rasanya romantis dan bergairah ketika pasanganmu ingin menghabiskan setiap momen bersamamu, apalagi bagi hubungan yang terbilang baru. Tetapi hubungan intens semacam itu sering kali menjadi tanda bahaya. Kecemburuan yang tidak sehat jarang disadari pada awalnya dan lebih sering dilihat sebagai sikap penuh kasih, bersemangat, dan menggairahkan.

Hal ini karena perasaan cinta yang terlalu besar sehingga tidak ingin pasangannya menghilang sekejap pun dari pengelihatannya.Tetapi yang harus diwaspadai, hal seperti ini bisa menimbulkan kecemburuan yang berlebihan. Dan kecemburuan semacam ini tidak bisa menjadi bagian dari hubungan yang langgeng.

Menginginkan lebih banyak waktu tidak apa-apa, tetapi bersikeras agar kamu menghabiskan seluruh waktumu bersama mereka ini yang tidak baik. Kecemburuan yang tidak sehat dapat lepas kendali menjadi hubungan yang melecehkan secara emosional.

Bersikap Berbeda

pasangan sedang bertengkar
Masalah dalam hubungan./Copyright shutterstock.com/g/yesstock

Tanda yang dapat mengungkapkan kecemburuan yang ekstrim adalah ketergantungan emosional. Ketergantungan emosional berarti salah satu pasangan ingin menjaga pasangannya lainnya untuk diri mereka sendiri. Hal ini sering ditandai dengan sikap aneh pada seseorang yang memiliki sikap cemburu yang berlebihan.

Misalnya dia selalu ingin agar kamu merasa bahagia dengannya, dan jika kamu tidak menunjukkan hal tersebut maka ia akan merasa tersiksa, menyelahkan diri sendiri atau bahkan histeris. Begitu juga dengan perilaku klasik seperti terus-menerus membutuhkan kepastian, kurangnya rasa percaya pada pasangan, dan selalu mencurigai pasangannya. Jelas, ini adalah situasi yang tidak menguntungkan siapa pun, dan harus segera diatasi.

Mencoba Mengendalikan Hidupmu

pasangan bertengkar hebat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Makistock

Pasangan dengan perasaan cemburu yang berlebihan atau tidak sehat bisa dilihat ketika mereka mencoba mengendalikan hidupmu. Kecemburuan dapat menyebabkan orang berperilaku menakutkan dan mendominasi sebuah hubungan. Apa pun perilakunya juga selalu didasarkan karena kecemburuannya.

Misalnya selalu memeriksa ponselmu, menuduhmu berselingkuh atau menguntit untuk mengetahui keberadaanmu. Jika hal seperti ini terjadi dalam hubunganmu, maka harus melakukan pembicaraan yang serius dengan pasanganmu, karena mengatasi hal semacam ini lebih awal akan semakin baik.

Demikianlah beberapa tanda yang mengindikasikan jika seseorang memiliki sikap cemburu secara berlebihan. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓