4 Rahasia agar Menjadi Teman yang Baik

Baiq Nurul Nahdiat06 Mar 2021, 17:05 WIB
Diperbarui 06 Mar 2021, 17:05 WIB
sahabat

Fimela.com, Jakarta Menjadi teman yang baik tidak selalu mudah, tetapi meluangkan waktu untuk memelihara persahabatan yang langgeng akan sepadan dengan usaha yang dilakukan. Persahabatan yang baik memberikan kekuatan, kebahagiaan, dan makna yang berarti. Dan semua persahabatan sejati dibangun atas rasa saling percaya dan dukungan satu sama lain.

Apakah kamu ingin menjalin pertemanan yang berkualitas agar mendapatkan persahabatan yang bertahan selamanya? Di sini ada beberapa tips untuk menjadi teman yang baik bagi orang lain. Yuk! Langsung saja simak tips berikut ini.

Menepati Janji

Jangan pernah membuat janji yang tidak bisa kamu tepati, tau setidaknya jangan biasakan untuk itu. Misalnya, jika kamu mengatakan akan menghabiskan waktu dengan seorang teman dan namun terjadi suatu masalah, maka jelaskan situasinya.

Jika dirimu tidak bisa pergi, berikan temanmu hadiah sebagai gantinya dan permintaan maaf. Jangan membiasakan untuk mengingkari janji pada seorang teman karena selain kehilangan kepercayaan, dirimu juga bisa berpotensi kehilangan teman dekatmu.

Dapat Diandalkan

teman
ilustrasi persahabatan/copryight Pexels

Dapat diandalkan adalah salah satu aspek terpenting dari menjadi teman yang baik. Temanmu akan membutuhkan dukunganmu, terutama di masa-masa sulit. Sebab, sulit untuk bergantung pada orang yang tidak berperilaku konsisten dan dapat dipercaya. Jika dirimu tidak yakin dapat melakukan sesuatu, jangan setuju untuk melakukannya.

Sebaliknya, jujurlah bahwa dirimu tidak yakin akan hal itu. Hal ini juga snagat erat katannya dengan empati, setidaknya jika tidak dapat membantu temanmu dalam masa-masa sulit, tunjukkanlah bahwa dirimu merasakan kesedihan yang sama dengannya

Meminta Maaf Jika Membuat Kesalahan

Dalam menjalani hubungan pertemanan yang baik, maka harus ada kelapangan hati, termasuk dalam hal meminta maaf jika ada yang berbuat kesalahan. Meskipun dirimu menganggap pertemanan yang terjalin lama, akan membuat seorang temanmu menjadi memaklumi kesalahanmu, maka tetaplah meminta maaf padanya. Hal tersebut akan membuat temanmu merasa snagat dihargai dan ia pun akan melakukan hal yang sama denganmu.

Sampaikanlah Ketidaksetujuan dengan Baik

teman beracun
Ilustrasi/copyright shutterstock/Prostock-studio

Jika seorang teman membagikan sesuatu yang menurutmu tidak menyenangkan atau tidak sesuai dengan pendapatmu, kamu boleh mengatakannya. Beri tahu temanmu tentang ketidaksetujuanmu dan alansannya, namun pastikan dengan cara yang baik bukan dengan emosi.

Biasanya, ada hal lain yang menjadi masalahnya, yakni rasa tidak enak karena perbedaan pendapat. Walaupun tidak mudah untuk membiasakan hal tersebut, namun penting untuk kamu lakukan agar ada keterbukaan dalam hubungan pertemanan kalian.

Beberapa cara untuk menjadi teman yang baik adalah menjadi diri sendiri, selalu jujur, selalu membagikan masalah dengan teman, bisa menjaga rahasia dan bisa meluangkan waktu untuk temanmu. Demikianlah beberapa tips untuk menjadi teman yang baik agar memiliki persahabatan yang awet. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓