Apakah CEO Perempuan Bisa Lebih Baik dari Pria? Studi Membuktikan Iya

Febi Anindya Kirana06 Mar 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 06 Mar 2021, 16:15 WIB
perempuan bekerja

Fimela.com, Jakarta Setiap orang seharusnya setara, memiliki hak untuk mengejar impian karir yang sama dalam bidang apa pun. Selama memiliki kemampuan yang mumpuni seharusnya jenis kelamin tak menjadi masalah yang serius.

Namun hingga saat ini, keraguan terhadap perempuan sebagai pemimpin masih saja ada. Padahal penelitian membuktikan bahwa perempuan memiliki banyak kelebihan dan kemampuan yang tak kalah dengan lawan jenisnya sebagai pemimpin.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Macquarie University's Business School menemukan bahwa perusahaan-perusahaan yang memiliki satu, dua atau lebih jumlah pemimpin perempuan ternyata memiliki banyak keunggulan.

Perempuan lebih unggul sebagai CEO

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bekerja/photo created by lookstudio - www.freepik.com

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr Farida Akhtar, Dosen Senior di Department of Actuarial Studies and Business Analytics tersebut menyebutkan bahwa perempuan sebagai pemimpin superior di dalam perusahaan cenderung memiliki kemampuan melebihi pria dengan posisi/jabatan yang sama.

Beberapa alasan yang mendasarinya adalah bos perempuan memberi lebih banyak makan kepada karyawannya, pengertian dan fleksibilitas yang lebih baik serta memberikan penghargaan lebih baik saat karyawan menunjukkan pencapaian.

Penelitian yang dimuat dalam peer review Australian Business Deans Council Journal Quality List ini dilakukan dengan cara mengamati perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Indeks S & P500 dari tahun 2000 hingga 2015.

Secara khusus peneliti juga menyebutkan, "Perusahaan di bidang industri teknologi tinggi dan yang bergerak di bidang yang memproduksi produk unik yang langka di pasar cenderung bekerja lebih baik dengan CEO perempuan."

Wah, jadi setara dalam pekerjaan memang sudah seharusnya diakui di era yang serba berkembang ini ya Sahabat Fimela. Karena penelitian membuktikan perempuan memiliki banyak kelebihan sebagai CEO.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓