Cegah Sembelit dengan Mengonsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Baiq Nurul Nahdiat08 Mar 2021, 11:05 WIB
Diperbarui 08 Mar 2021, 11:05 WIB
Kekurangan Gizi dan Nutrisi

Fimela.com, Jakarta Saluran pencernaan memainkan peran penting dalam kesehatan, karena bertanggung jawab dalam menyerap nutrisi dan membuang sisa makanan. Sayangnya, banyak orang yang menderita masalah pencernaan yang salah satunya adalah sembelit karena berbagai alasan. Sembelit bisa sangat menganggu karena rasamnya yang tidak nyaman, sebab kotoran ang menumpuk di dalam usus.

Ternyata sembelit bisa diatasi dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan tertentu, karena beberapa di antaranya mengandung enzim yang bisa melancarkan pencernaan. Untuk mengetahui lebih lanjut, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Yogurt

Yogurt terbuat dari susu yang telah difermentasi, biasanya oleh bakteri asam laktat. Yogurt mengandung bakteri yang dikenal sebagai probiotik, yang merupakan bakteri baik dan hidup di saluran pencernaan sehingga dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, probiotik juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti kembung, sembelit dan diare.

2. Apel

Buah Apel
ilustrasi/copyright pexels.com/pixabay

Pektin yang terkandung dalam apel jika dikonsumsi akan melewati pencernaan di usus kecil dan kemudian dipecah oleh bakteri ramah di usus besar. Zat ini berfungsi meningkatkan volume tinja, karena itulah apel biasanya digunakan untuk mengatasi sembelit dan diare. Kandungan zat pektin dalam apel juga telah terbukti menurunkan risiko infeksi usus dan pembengkakan di usus besar.

3. Pepaya

Siapa yang tidak mengenal buah pepaya, buah yang dikenal lezat dan manis ini ternyata mengadung enzim yang baik untuk pencernaan yang disebut papain. Enzim ini dapat berguna selama proses pencernaan dengan membantu memecah serat protein. Papain juga dapat meredakan gejala sindrom iritasi usus besar, seperti sembelit dan kembung. Papaya juga dijadikan sebagai enzim utama dalam suplemen pencernaan karena kapasitas gastrointestinalnya.

4. Jahe

Ilustrasi Jahe
Ilustrasi Jahe Credit: pexels.com/JorisNeyt

Bahan trandisional yang biasa digunakan untuk mengobati sakit perut dan mual serta berguna sebagai bumbu masakan ternyata juga sangat baik untuk pencernaan dan menjadi bantuan pencernaan alami yang populer di kalangan perempuan hamil. Jahe dapat dikonsumsi baik dalam teh jahe, permen, atau suplemen. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa jahe adalah makanan yang membantu pencernaan dengan mempercepat proses yang memindahkan makanan dari perut ke usus kecil bagian atas.

Daun Mint

Daun mint dengan aromatik yang menenangkan dapat membantu meringankan gangguan pencernaan serta beberapa gejala sindrom iritasi usus besar. Minyak daun mint dapat dimasukkan ke dalam banyak resep atau bahkan teh, tetapi lebih sering dikonsumsi sebagai suplemen. Mengonsumsi minyak daun mint setidaknya selama empat minggu telah terbukti secara signifikan mengurangi gejala infeksi pada usus, karena bekerja sebagai antispasmodik yang berfungsi menghaluskan dan melemaskan usus.

Sebenarnya masih banyak bahan makanan yang bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, diare atau kembung, seperti sayuran hujau, biji-bijian, buah bit, minyak ikan, kefir dan lain sebagainya. Demikianlah beberapa bahan makanan yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓