Pengertian Ghosting dan Cara Menghindarinya

Kezia Prasetya Christvidya09 Mar 2021, 14:16 WIB
Diperbarui 09 Mar 2021, 14:16 WIB
ghosting-kezo

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang, istilah ghosting semakin populer di dunia percintaan. Sebenarnya perilaku ghosting ini adalah menggantungkan perasaan pasangan, pacar atau teman.

Secara umum, ghosting adalah sifat meninggalkan atau memutuskan komunikasi tanpa ada alasan yang jelas. Pelaku hanya mengabaikan orang lain, untuk menghindari komunikasi atau interaksi dengan korban ghosting.

Tak hanya lelaki saja yang jadi pelaku ghosting, seorang perempuan pun bisa melakukan ghosting kepada orang lain. Berikut pengertian ghosting dan cara penghindarinya, dilansir dari Liputan6.com:

Pengertian Ghosting

ilustrasi ghosting/RODNAE Productions/pexels
ilustrasi ghosting/RODNAE Productions/pexels

Pengertian ghosting sering disangkutkan dengan persoalan cinta, padahal ghosting juga bisa dilakukan dalam hubungan pertemanan. Istilah ghosting ini sangat populer dalam kalangan anak muda zaman sekarang.

Ghosting adalah perilaku seseorang yang suka menghilang mendadak, tanpa memiliki alasan tertentu untuk meninggalkan orang lain. Ghosting juga bisa disebut dengan bayangan atau menggantungkan komunikasi dan perasaan seseorang.

Menurut sebuah penelitian, ghosting adalah upaya seseorang untuk mengakhiri sebuah hubungan, baik hubungan asmara maupun pertemanan, yang bisa memicu sebuah konflik dan permusuhan.

Alasan Ghosting

ilustrasi ghosting/Vera Arsic/pexels
ilustrasi ghosting/Vera Arsic/pexels

1. Tidak Ada Ketertarikan

Perempuan atau lelaki bisa melakukan ghosting, kalau pasangan, gebetan atau temannya menunjukkan ketidak tertarikan terhadap lawan bicaranya. Misalnya, amu membalas chat dari lelaki dengan singkat dan susah diajak ketemu, maka lelaki tersebut akan meninggalkanmu dan memutuskan hubungan denganmu, karena merasa dirimu tidak memiliki ketertarikan padanya.

2. Tidak Serius

Saat PDKT, ghosting sering banget terjadi dalam hubungan tersebut. Alasannya hanya untuk mencari teman atau relasi, dan tidak ada keseriusan untuk melanjutkan jenjang pacaran.

3. Trauma

Trauma untuk menjalin sebuah hubungan juga bisa menjadi alasan ghosting. Karena mereka takut menjalin sebuah komitmen yang serius, dan takut ditinggalkan pasangan karena belum siap berhubungan.

Cara Menghindari Ghosting

ilustrasi ghosting/ RODNAE Productions/pexels
ilustrasi ghosting/ RODNAE Productions/pexels

Ghosting sering terjadi karena banyaknya aplikasi dating, yang membuat seseorang mudah berkenalan dengan orang baru. Cara menghindari orang yang ghosting adalah tidak boleh baper saat berkenalan dengan orang baru.

Jangan terlalu percaya dengan omongan orang yang baru kenal. Karena orang yang ghosting tidak pernah konsisten dengan ucapannya. Bahkan perilakunya sering bersifat hangat dan mendadak menjadi dingin atau cuek.

Cara menghindari yang selanjutnya yaitu dengan menanyakan hubungan masa lalunya, jika ia senang meninggalkan orang lain tanpa alasan, kamu bisa mewaspadai dia adalah pelaku ghosting.

Lanjutkan Membaca ↓