Rawon Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Seluruh Asia

Annissa Wulan08 Mar 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 08 Mar 2021, 20:00 WIB
Ilustrasi rawon

Fimela.com, Jakarta Rawon adalah sup daging sapi yang pertama kali dikenal berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Apa kamu juga termasuk salah satu yang doyan dengan makanan berkuah ini?

Menariknya, rawon baru saja dinobatkan sebagai sup paling enak di seluruh Asia, menurut TasteAtlas. TasteAtlas sendiri adalah sebuah situs berbasis di Kroasia, yang mengulas makanan dari seluruh dunia, seperti makanan tradisional, resep lokal, dan restoran otentik.

Berdasarkan penilaian dari kritikus restoran profesional dan 63.402 panelis, ada 12 sup terenak di Asia dan rawon keluar menempati posisi pertama dengan predikat Best Rated Soups in Asia. Sebelumnya, TasteAtlas menampilkan sekitar 20.000 hidangan, minuman, dan bahan makanan dari seluruh dunia.

 

Rawon sebagai sup paling enak di seluruh Asia

Ilustrasi rawon
Ilustrasi rawon. Sumber foto: Shutterstock.

Ada juga sekitar 15.000 restoran yang dikumpulkan oleh tim yang berisikan 30 penulis dan peneliti. Menurut situs resmi TasteAtlas, daging sapi yang digunakan dalam rawon harus direbus perlahan menggunakan saun jeruk, serai, jahe, dan cabai.

Namun, kunci untuk mendapatkan warna hitam dari kuah rawon adalah buah kluwek atau kacang hitam Indonesia. Bahan ini dikatakan sangat beracun jika dikonsumsi mentah-mentah, sehingga perlu difermentasi terlebih dahulu.

Rawon biasanya disajikan bersamaan dengan nasi putih, telur asin, tauge, dan sambal. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓