Mengenal Rivan A Purwantono Sosok Tangguh di Balik Bank KB Bukopin

Ayu Puji Lestari08 Mar 2021, 20:51 WIB
Diperbarui 08 Mar 2021, 20:55 WIB
Rivan A Purwantono

Fimela.com, Jakarta Sosok bankir bernama lengkap Rivan Achmad Purwantono menjadi figur penting dalam transformasional sejarah Bank Bukopin yang kini sudah berganti nama menjadi Bank KB Bukopin. Setelah melalui gejolak yang sempat menyebabkan terjadinya pemasalahan likuiditas hingga isu negatif penarikan dana besar-besaran oleh nasabah. Lewat tangan dingin Rivan A Purwantono badai tersebut berhasil dilalui bahkan menuai kesuksesan.

“ Saya sangat memahami dan berupaya berempati terhadap nasabah saat itu, saya buktikan dengan secara langsung untuk menemui dan memberikan klarifikasi terkait permasalahan yang sedang kami alami saat itu. Hal ini saya lakukan tidak hanya ke nasabah, namun juga ke regulator, media dan seluruh stakeholder bank KB Bukopin,” ujar Rivan dalam keterangan tertulisnya, Senin, 8 Maret 2021.

Masuknya investor baru, KB Kookmin Bank sebagai PSP tentunya menuntut Rivan untuk terus berkomitmen meningkatkan Corporate Value KB Bukopin. Upaya yang sebetulnya sudah dilakukan Rivan sejak menjabat posisi penting di bank tersebut.

"Sejak September 2020 melakukan sinergi lewat melalui serangkaian upaya transformasi untuk melahirkan New Bukopin dan mewujudkan misi kami menjadi Top ten Bank di Indonesia,” ujarnya.

Hingga kini Bank KB Bukopin mengalami peningkatan yang lebih bagus. Kinera harga saham Bank KB Bukopin yang menunjukkan performa yang cukup outperform. Harga saham Bank KB Bukopin yang sempat terpuruk di level Rp 98 per saham melesat hingga saat ini di level Rp 500. Laju saham KB Bukopin bahkan memiliki tren pergerakan yang serupa dengan top five saham.

Rivan A Purwantono Memiliki Pengalaman yang Baik

Rivan A Purwantono
Rivan A Purwantono/copyright spesial FIMELA

Menilik dari pengalamannya, perbankan bukan dunia baru bagi Rivan. Selama 15 tahun di Bank Bukopin membuat Rivan bisa meningkatkan corporate Value Bank KB Bukopin.

Rivan diketahui telah bergabung di Bank KB Bukopin dengan pengalaman di berbagai posisi sehingga menguasai operasional Bank KB Bukopin dari hulu sampai hilir, Inilah yang menjadi modal bagi Rivan menjalankan roda kepemimpinannya saat ini. Karier dan pengalaman dunia bisnis Rivan semakin bertambah saat dia dipercaya menjadi Direktur Keuangan PT. KAI (Persero) sebelum masuk menjadi dirut Bank KB Bukopin.

Rivan mulai merintis kariernya di Bukopin pada tahun 2006 sebagai private banking group head. Pada posisi ini Rivan meletakan pondasi-pondasi consumer banking di Bank KB Bukopin. Setelah itu, ia juga pernah memegang jabatan General Manager Pengembangan Bisnis, General Manager Bisnis Konsumer, hingga terakhir Direktur Konsumer.

Dalam berbagai kesempatan Rivan berulang kali menegaskan tentang moto hidupnya, “ Jangan pernah menyerah, kecuali kita ingin kalah, karena masalah dalam hidup bukan untuk dihindari, tetapi untuk dihadapi dan dijalani.”

Sangat menginspirasi kan, Sahabat Fimela?

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓