5 Tips Aman Bertemu dengan Kenalan Baru Lewat Sosial Media

Baiq Nurul Nahdiat09 Mar 2021, 12:05 WIB
Diperbarui 09 Mar 2021, 12:05 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Banyaknya media sosial dan beberapa aplikasi lainnya di internet membuat seseorang bisa terhubung dengan mudah satu sama lain. Bahkan banyak aplikasi-aplikasi kencan yang dapat digunakan untuk mencari pasangan, teman kencan atau sekadar menambah teman. Namun berkenalan di media sosial dengan orang yang asing memang tidak selalu menjamin keamanan karena sangat sedikit sekali informasi yang bisa didapatkan jika hanya mengandalkan media sosial.

Nah, bagi Sahabat Fimela yang suka bermain aplikasi kencan atau berkenalan lewat media sosial dan merencanakan untuk bertemu, berikut adalah tips agar aman saat berkenalan dengan seseorang yang baru dikenal dari media sosial. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Beritahu Teman

Selalu pastikan untuk memberi tahu teman dekat atau anggota keluargamu secara pasti di mana kamu akan bertemu. Beri mereka informasi kontak teman kencanmu dan memberi tahu mereka kapan kamu akan selesai berkencan serta selalu bersiaga untuk memberitahu mereka jika ada hal-hal yang tidak beres atau bnerpotensi membahayakan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Gunakan Transportasi Pribadi

Jika kamu akan bertemu seseorang untuk pertama kalinya, sebisa mungkin jangan biarkan mereka menjemputmu dengan kendaraan mereka. Meskipun semuanya mungkin baik-baik saja, ini bukanlah cara yang aman untuk memulai berhubungan dengan seseorang yang baru kamu kenal, apalagi jika hanya kenal dari media sosial. Jika tidak memiliki transportasi pribadi, gunakanlah transportasi umum lainnya.

Bertemu di Tempat Umum

couple pacaran sehat
Ilustrasi/copyright shutterstock/Tirachard Kumtanom

Saat bertemu orang baru, selalu temui mereka di tempat umum dan carilah tempat yang ramai. Jangan bertemu di rumah teman kencanmu atau di tempat pribadi yang mereka sarankan. Jika dapat kamu dapat mengontrol lingkungan, maka kamu akan lebih aman. Tidak hanya lebih aman untuk bertemu di lingkungan yang ramai, tetapi kamu akan cepat mendapatkan pertolongan jika terjadi sesuatu yang buruk.

Selalu Awasi Makanan dan Minumanmu

Beberapa dari kita mungkin pernah mendengar tentang makanan atau minuman orang-orang yang dibius atau dirusak saat berkencan. Jangan biarkan kemungkinan apa pun yang dapat membahayakanmu, pastikan untuk tetap mengawasi makanan dan minumanmu sepanjang waktu.

Jangan Terlalu Banyak Memberikan Informasi Pribadi

Couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/imtmphoto

Usahakan untuk tidak berbohong pada teman kencanmu, tetapi jangan juga terlalu terbuka. Jangan pernah memberikan alamat rumah atau kantor pada seseorang yang baru dikenal terlalu dini hingga kalian cukup mengenal dan merasa nyaman untuk melakukannya.

Demikianlah beberapa tips agar aman saat berkenalan dengan orang asing dari media sosial. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓