Pernikahanmu Tak Direstui Orangtua? Begini Cara Mengatasinya

Baiq Nurul Nahdiat09 Mar 2021, 14:05 WIB
Diperbarui 09 Mar 2021, 14:05 WIB
pengantin perempuan

Fimela.com, Jakarta Salah satu masalah yang sering didapati oleh pasangan yang hendak menikah atau bahkan sudah menikah ialah ketidaksetujuan dari orangtua sendiri. Ketidaksetujuan ini bisa karena tidak menyuaki pasangan, latar belakang keluarganya atau adanya perbedaan pemikiran. Namun semua masalah pasti memiliki jalan keluarnya sendiri.

Jadi, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi sikap orangtua yang tidak setuju dengan pernikahanmu dengan seseorang. Yuk! Simak ulasan selengkapnya ulasan berikut ini.

Komunikasikan secara Baik dengan Orangtua

Lakukan percakapan yang jujur dengan orangtuamu tentang mengapa mereka tidak menyukai pasanganmu atau tidak menyetujui pernikahanmu. Biarkan mereka menyuarakan keberatan dengan tenang dan hormat. Mungkin mereka belum sampai benar-benar mengenal pasanganmu atau mungkin keberatan didasarkan pada kesalahpahaman. Jika kamu bisa menemukan akar permasalahnya, kamu juga pasti bisa mencari jalan keluar untuk meyakinkan orangtuamu.

Berilah Waktu untuk Mengenal Pasanganmu

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/SUPERMAO

Lebih banyak waktu bersama dapat membantu orangtuamu menjadi lebih nyaman dengan pasanganmu. Carilah waktu dan ruang untuk menciptakan kondisi seperti itu. Atau mungkin bisa dengan mengajak mereka untuk keluar makan malam atau berpergian bersama. Doronglah pasanganmu untuk mendiskusikan lebih jauh lagi tentang dirinya agar orangtuamu dapat mengenalinya dengan lebih baik.

Gunakan Bantuan Orang Lain

Dalam hal ini, mintalah bantuan pada pihak ketiga yang obyektif, bisa keluarga atau kerabat dekat yang dipercayai. Anggota keluarga yang lain mungkin sangat membantu untuk meningkatkan komunikasi dan menemukan solusi yang layak dalam permasalahan ini. Seorang konselor juga dapat membantu memfasilitasi untuk menjembatani komunikasi antara orangtua dengan pasanganmu agar tercipta hubungan yang baik.

Memberikan Batasan yang Jelas

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Mallika Home Studio

ika orang tuamu terus tidak setuju bahkan setelah kamu menikah, bicarakan tentang batasan yang perlu ditetapkan dalam hubunganmu dengan orang tuamu. Hal ini penting agar ketidaksetujuan mereka tidak menjadi penghalang dalam hubunganmu dengan pasangan. Putuskanlah bersama, misalnya, apakah pasanganmu akan menghadiri pertemuan keluarga atau mengunjungi orangtua bersama atau tidak. Tetapi jangan biarkan hal itu membuat renggang hubungan antara pasangan dan orangtuamu.

Jangan Fokus pada Konflik

Jika dirimu dan pasangan sudah benar-benar yakin untuk melanjutkan pernikahan atau pertunanangan, maka jangan biarkan konflik yang terjadi dengan orangtua semakin meningkat hingga menghancurkan hubunganmu dengan pasangan atau hubunganmu dengan orangtuamu. Pertimbangkanlah konsekuensi dari kestidaksetujuan tersebut, seperti rasa tidak nyaman, keterasingan, dan hubungan yang renggang dengan keluarga yag lainnya.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi orangtua yang tidak setuju atas pernikahan anaknya. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓