Sukses

Lifestyle

5 Cara untuk Mendapatkan Tidur Berkualitas di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Kesulitan tidur alias insomnia menjadi salah satu gangguan yang paling banyak dihadapi selama pandemi. Menurut praktisi kesehatan tidur dr. Andreas Prasadja, RPSGT stabilitas tubuh akan terganggu jika seseorang kurang tidur.

“Tubuh manusia memiliki irama sirkadian yang membentuk ritme tubuh. Jikaseseorang kurang tidur, maka stabilitas tubuhnya akan terganggu. Mulai dari kemampuan kognitif, daya tahan tubuh, kestabilan emosi hingga gangguan pada pencernaan dan metabolisme," ujar dr. Andreas Prasadja, RPSGT.

Dalam rangka Hari Tidur Sedunia yang diperingati pada 19 Maret 2021, Tokopedia dan dr. Andreas Prasadja, RPSGT, membagikan tips agar masyarakat bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

1. Tidur sesuai jadwal

Ini menjadi penting bagi keseimbangan tubuh. Sehingga jangan gunakan waktu tidur untuk bekerja atau sebaliknya. Durasi tidur juga penting diperhatikan agar dapat menjaga kestabilan fungsi tubuh. Durasi tidur yang ideal adalah 7-9 sehari. Jika durasi ini terpenuhi, kinerja tubuh lebih optimal.

 

2. Suasana yang nyaman

Suasana yang nyaman dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Sehingga penting untuk memilih produk penunjang tidur yang sesuai dengan selera kenyamanan masing-masing.

3. Pencahayaan kamar

Matikan lampu saat tidur karena tubuh kita perlu membedakan waktu siang dan malam. Kondisi gelap juga mendukung produksi hormon melatonin yang membantu tubuh dapat beristirahat sepenuhnya.

4. Gunakan pakaian tidur

Piyama berbahan satin, flanel, atau katin akan mendukung tidur yang lebih nyaman. Kini, banyak merek lokal yang memproduksi piyama dengan kualitas baik.

5. Minyak aromaterapi

Beberapa minyak aromaterapi bisa meningkatkan relaksasi dan membaut tidur lebih nyenyak. Di antaranya lavender, kayu cedar, dan bergamot. Cara menggunakan minyak aromaterapi juga beragam. Seperti dioleskan langsung ke leher atau menggunakan diffuser.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading