Sukses

Lifestyle

5 Tips agar Cemburu Tidak Menjadi Racun yang Menghancurkan Hubungan

Fimela.com, Jakarta Ada yang bilang rasa cemburu adalah tanda cinta. Pasangan yang tidak pernah cemburu kadang malah diraguhkan ketulusan cintanya. Namun, kalau cemburu yang hadir adalah cemburu buta, yang ada nantinya malah akan menghancurkan keutuhan hubungan.

Agar cemburu tidak menjadi racun yang menghancurkan hubungan, ada beberapa tips dan cara yang bisa dicoba. Menata atau mengatur kembali ekspektasi dalam hubungan yang berkaitan dengan rasa cemburu mungkin tak selalu mudah. Tapi, bukankah untuk menjaga keutuhan cinta perlu upaya? Mari coba kita awali dengan upaya-upaya yang paling mendasar berikut ini.

1. Hindari Asal Tuduh

Hindari asal tuduh sebelum mengecek kebenaran atau faktanya. Jangan terlalu mudah curiga dengan pasangan sendiri. Sebaiknya jangan sembarang asal menuduh kalau belum ada kejelasan atau kepastian. Jangan mudah percaya info yang cuma gosip atau rumor. Kita perlu meyakinkan pasangan bahwa kita percaya padanya maka dari itu kita pun perlu langsung bertanya atau klarifikasi soal berbagai hal dan masalah yang ada.

2. Hindari Mendadak Diam atau Ngambek

Kalau memang sedang butuh waktu untuk sendiri dan menenangkan diri, sebaiknya katakan saja. Tak perlu langsung mendadak ngambek dan membuatnya jadi makin kebingungan dengan yang isi hati dan perasaanmu yang sesungguhnya. Jika memang sedang tak ingin diganggu karena sedang dikuasai rasa cemburu, sampaikan saja supaya dia juga lebih mudah memberimu ruang dan waktu sendiri.

3. Hindari Menghakimi saat Sedang Marah

Ya, ini bukan hal mudah tapi bukan berarti tak bisa dicoba. Saat sedang cemburu lalu marah, hindari sikap menuduh atau menggunakan kata-kata bernada tinggi saat bicara dengan pasangan. Kalau masih marah atau dipenuhi rasa curiga, jangan memaksakan diri untuk mengajaknya bicara. Hindari obrolan atau percakapan bila suasana masih terasa panas atau tegang. Tenangkan diri lebih dahulu, baru setelah itu luangkan waktu khusus untuk kembali mengobrol dengan pikiran yang lebih jernih.

4. Hindari Mencampuradukkan Masalah

Biasanya saat sedang bertengkar, ada masalah-masalah dari masa lalu yang kembali diungkit dan hal ini malah akan memperparah keadaan. Ini sebaiknya dihindari. Ketika masalah saat ini adalah rasa cemburu, maka fokus pada masalah itu. Cari akar masalah yang ada saat ini, lalu selesaikan bersama. Tak perlu mencampuradukkan masalah.

5. Kalau Sedih, Utarakanlah

Kalau kita merasa sedih dan terluka saat melihatnya dekat dengan perempuan lain, tak ada salahnya untuk berkata jujur. Daripada hanya dipendam sendiri, malah akan membuat batin kita terluka sendiri. Biasanya rasa cemburu akan membuat kita merasa insecure dan sedih sendiri. Ungkapkan isi hatimu ini supaya pasangan juga bisa lebih mudah menata dan memposisikan dirinya dalam hubungan.

Semoga tips-tips di atas membantumu, ya Sahabat Fimela. Serta semoga hubunganmu selalu harmonis dan selalu dihujani banyak cinta serta kebahagiaan.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading