Sukses

Lifestyle

Bayi Pertama yang Lahir dengan Antibodi Corona Usai Orangtuanya Jalani Vaksinasi Moderna

Fimela.com, Jakarta Seorang bayi di Florida dinyatakan sebagai bayi pertama di dunia yang lahir dengan antibodi Corona usai orangtuanya menjalani vaksinasi COVID-19. Dilansir dari Now This, sang ibu yang saat itu masih mengandung dilaporkan menerima vaksin Corona dosis pertama Moderna 3 minggu sebelum melahirkan. 

Dokter anak yang menangani proses melahirkan ibu tersebut mengatakan mereka telah memeriksa darah sang bayi yang diambil dari tali pusar. Para ahli berpendapat, vaksinasi pada ibu hamil kemungkinan dapat melindungi bayi yang dikandung dari infeksi Corona. 

Dr. Pail Giblert dan Dr. Chad Rudnick mempresentasikan penemuan mereka pada sebuah jurnal. Namun, tulis CBS News, penemuan ini belum di-review peneliti lainnya. Dalam jurnal bertajuk "Newborn Antibodies to SARS-CoV-2 detected in cord blood after maternal vaccination" yang dipiblukasi MedRxiV, meraka menyatakan antibodi langsung terdeteksi pada saat proses persalinan berlangsung. 

"Dengan demikian, terdapat potensi perlindungan dan pengurangan risiko infeksi dari SARS-CoV-2 dengan vaksinasi ibu (hamil)," ungkapnya seperti dikutip dari Now This. 

Antibodi dari Sang Ibu

Sebelumnya, para ahli sudah mengumumkan kalau ibu yang sedang hamil terinfeksi Corona akan membentuk antiobodi Corona pada anak yang dikandungnya. 

Selain itu, penyampaian antibodi dari ibu ke bayi melalui plasenta bukan hanya pada vaksin Corona saja tetapi juga pada vaksin lain, termasuk influenza, jadi dokter berharap perlindungan bayi baru lahir yang sama dapat dilakukan setelah vaksinasi ibu terhadap COVID-19.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading