Kebiasaan Kecil dalam Rumah Tangga Ini Jamin Pernikahan Bahagia

Febi Anindya Kirana26 Mar 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 26 Mar 2021, 16:15 WIB
pasangan cinta

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya rasa cinta semata yang bisa mempertahankan kesejahteraan rumah tangga. Ada banyak faktor atau variabel yang memengaruhi kehidupan rumah tangga yang bahagia, dan mungkin salah satunya adalah perbuatan baik yang ditunjukkan secara berkala kepada pasangan.

Tak banyak yang menyadari bahwa ternyata sekadar sikap baik kepada pasangan ternyata bisa mempertahankan kelanggengan hubungan pernikahan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion memberikan bukti bahwa perbuatan baik dan perhatian atas dasar kepedualian terhadap sesama mampu meningkatkan kondisi afektif seseorang.

Sikap baik akan menjaga hubungan rumah tangga

pasangan muslim
ilustrasi pasangan muslim/copyright by mentatdgt (Shutterstock)

Penelitian yang mempelajari 175 suami-istri yang baru menikah dengan usia rata-rata pernikahan selama 7 bulan ini mencatat keadaan emosi dan kejadian apa saja yang bisa dikategorikan sebagai mengesampingkan keinginan pribadi demi memenuhi kebutuhan pasangan.

Hasilnya, pasangan suami-istri yang mau berkompromi, menyesuaikan kepentingan diri sendiri terhadap pasangan, mengungkapkan kelembutan sikap dan rasa terima kasih ternyata memiliki kehidupan pernikahan lebih bahagia dan memuaskan ketimbang pasangan yang tak pernah menunjukkan sikap baik kepada pasangannya.

Meski demikian, Harry Reis, sebagai penulis penelitian sekaligus profesor psikologi dari University of Rochester mengaku bahwa kasus seperti ini kemungkinan berlaku untuk pasangan pengantin baru karena masih dalam fase "bulan madu", kesimpulan temuan ini mungkin saja kurang valid untuk pasangan suami-istri yang sudah bersama sekian lama.

Tapi terlepas dari kondisi pengantin baru atau tidak, sebenarnya sikap baik selalu memiliki ruang tersendiri sehingga mampu menenangkan hati. Jadi, jika bersikap baik saja sudah bisa menimbulkan efek positif bagi orang lain, apalagi jika dilakukan kepada pasangan, benar kan Sahabat Fimela?

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓