Sukses

Lifestyle

Lebih Nyaman Jalani Hidup, 5 Cara Menjadi Perempuan yang Lebih Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Perasaan rendah diri (insecurity) kadang masih menghantui. Bahkan semakin bertambah usia, bisa jadi perasaan rendah diri itu semakin sering muncul. Hidup dengan rasa rendah diri pun bukan sesuatu yang menyenangkan.

Untuk bisa lebih nyaman jalani hidup, kita perlu mengambil langkah dan berupaya mengatasi rasa rendah diri. Bagaimana pun kita layak untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Maka, kita pun bisa membuat pilihan-pilihan hidup yang lebih baik.

1. Temukan Kelebihan Diri

“If only you could see the greatness in yourself, you wouldn't envy the greatness in others.”― Suzy Kassem, Rise Up and Salute the Sun: The Writings of Suzy Kassem

Coba kenali lagi dirimu. Cari tahu apa kelebihan yang kamu miliki. Kalau perlu buatlah daftar tentang kelebihan dan keunggulan yang kamu miliki. Dari situ, kamu bisa mengasahnya dan menjadikannya sumber kekuatan barumu. Fokuslah pada memaksimalkan atau mengoptimalkan kekuatan yang ada pada dirimu. 

2. Kurangi Membandingkan Diri dengan Orang Lain

“Insecure people seek answers in all the wrong places.”― Robert Black

Boleh sesekali menjadikan pencapaian orang lain sebagai motivasi kita untuk hidup  yang lebih baik. Namun, jangan sampai kita terus berpikiran bahwa hidup kita tak berharga. Kita punya perjuangan dan perjalanan sendiri. Maka dari itu, fokuslah pada meningkatkan potensi dan kemampuan diri untuk bersinar dengan cara kita sendiri.

3. Menyayangi Diri Sendiri

Kita semua pernah melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan yang membuat kita terpuuk dan merasa rendah diri. Kita pun pernah menyesali sesuatu. Akan tetapi, jangan sampai hal itu menjadi pencegah atau penghalangmu untuk bahagia. Sayangi dirimu sendiri. Sebab biasanya saat merasa rendah diri, ada kecenderungan untuk menyalahkan diri sendiri yang malah akan memperburuk keadaan. Lepaskan rasa bersalah dan penyesalan itu. Temukan kembali kekuatan dan energi baru untuk membangun hidup yang lebih baik lagi ke depannya.

4. Perbaiki Kekurangan atau Kelembahan yang Dimiliki

Buat juga daftar kekurangan atau kelemabahn yang kamu miliki. Setelah itu, lakukan satu hal saja terlebih dahulu untuk memperbaikinya. Pilih satu hal atau satu kegiatan yang sekiranya bisa membantumu memperbaiki kelemahan atau kekuranganmu itu. Tak perlu banyak teori atau terlalu lama menunda-nunda mengambil langkah awal perbaikan. Kerahkan energimu untuk memperbaiki kekurangan sehingga bisa membantumu mengatasi rasa rendah dirimu.

5. Jalin Hubungan Baik dengan Orang-Orang Sekitar

“Every sane adult is insecure about at least one thing on or about them.”― Mokokoma Mokhonoana

Kepada siapa pun, ada baiknya untuk tetap menjalin hubungan baik. Kadang kita merasa rendah diri karena merasa tidak sepadan atau selevel dengan orang-orang yang kita kenal. Padahal kenyataannya kita dan mereka semua sama-sama manusia. Menjalin hubungan baik dengan siapa pun akan memudahkanmu untuk menerima hidup dengan lebih utuh. 

Semoga kamu bisa menjadi perempuan yang lebih percaya diri, ya. Semoga kebahagiaan dan kebaikan selalu menyertai langkahmu.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading