Tolong, Kucingku Selalu Menduduki Sepatu Favorit

Wuri Anggarini01 Apr 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 01 Apr 2021, 07:00 WIB
Tolong, Kucingku Selalu Menduduki Sepatu Favorit

Fimela.com, Jakarta Pemilik kucing mungkin telah memperhatikan bahwa anabul terkadang memiliki obsesi pada sepatu, terutama yang sering dipakai. Mulai dari mengendusnya, memainkannya, bahkan tidur di dalamnya.

Tak jarang juga kucing akan memindahkan sepatu dan menyembunyikannya di tempat lain. Sering kesulitan menemukan atau mengambil kembali alas kaki favorit, bisa jadi ini beberapa alasan di balik tingkah laku uniknya itu.

Aroma yang Familier

Tolong, Kucingku Selalu Menduduki Sepatu Favorit
(c) Shutterstock

Untuk kucing, indra penciumannya bisa empat belas kali lebih kuat dan memiliki reseptor penciuman dua kali lebih banyak di jaringan hidungnya daripada manusia. Anabul juga memiliki organ khusus yang terletak di langit-langit mulut yang disebut organ Jacobson, yang sama sekali tidak dimiliki manusia.

Organ ini memungkinkan kucing untuk merasakan aroma dan feromon di udara, yang dapat memberi banyak informasi tentang hewan dan manusia yang ada di sekitarnya. Kucing secara alami memiliki rasa ingin tahu dan akan menyelidiki aroma baru, tapi terkadang juga mencari bau dari hal-hal yang familier baginya, termasuk sepatu pemiliknya yang membuatnya merasa aman dan nyaman.

Menandai Wilayahnya

Tolong, Kucingku Selalu Menduduki Sepatu Favorit
(c) Shutterstock

Kucing sendiri membuat dan mengeluarkan feromon beraroma unik di kelenjar yang menyebar di seluruh tubuhnya, termasuk pipi. Saat anabul menggosokkan wajahnya ke suatu benda, hewan peliharaanmu akan meninggalkan bekasnya sebagai caranya untuk menandai wilayahnya. Uniknya, kucing akan tertarik pada hal-hal yang memiliki aromanya atau aroma yang disukai. Tidur di atas sepatu bisa jadi merupakan cara anabul menyatakan cinta pada pemiliknya dan menganggapmu sebagai miliknya.

Zona Nyaman

Tolong, Kucingku Selalu Menduduki Sepatu Favorit
(c) Shutterstock

Kucing mungkin tidak hanya tidur atau menghabiskan waktu di sepatu sebagai pernyataan cinta. Benda yang memiliki aroma seperti pemiliknya baik pakaian, selimut, dan sepatu dapat membuat kucing merasa nyaman dalam situasi stres.

Tidur di atas sepatu bisa menjadi metode menenangkan diri bagi kucing saat ditinggal cukup lama oleh pemiliknya. Itulah sebabnya anabul akan memindahkan sepatumu ke lokasi lain yang disukainya untuk membantunya menenangkan rasa cemas dan memberinya kenyamanan.

Cara Mengatasinya

Walau sudah memahami alasannya, terkadang kamu tak bisa menahan rasa kesal karena harus berebutan dengan kucing atau terus mencari alas kaki yang disembunyikan. Mencegah kucing menemukan sepatumu bisa jauh lebih mudah daripada mencoba menghentikan perilakunya. Simpan sepatu di lemari tertutup atau alihkan perhatiannya pada barang lain yang memiliki aroma pemiliknya, seperti T-shirt atau kaus kaki tua.

Coba untuk tidak membuat anabulmu terkejut dengan teriakan atau tindakan yang terkesan agresif, yang bisa membuatnya ketakutan dan menghindarimu. Bujuk dengan memberikan cat food favoritnya, Muezza, sekaligus melatihnya untuk memerhatikan barang selain sepatumu. Tak perlu khawatir saat memegang langsung brand makanan kucing kering ini karena sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Tolong, Kucingku Selalu Menduduki Sepatu Favorit
(c) Fimela

Selain halal, Muezza pun mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan kucing dalam kadar tepat, untuk membantu menjaga kesehatannya. bebas bahan tambahan sintetik, jangan tunda untuk memilih brand makanan kucing kering yang terjamin kualitas nutrisinya dan juga halal. Segera pesan 4 varian rasa dari Muezza, cukup dengan membelinya secara online di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Lanjutkan Membaca ↓
Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana