Tips Aman Bersepeda dengan Asuransi

Anisha Saktian Putri10 Apr 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 10 Apr 2021, 09:00 WIB
Asuransi Sepeda bisa membuat bersepeda lebih aman

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 membuat hobi baru bermunculan, seperti masyarakat kini lebih giat untuk olahraga. Bersepeda pun menjadi salah satu olahraga yang digandrungi.

Menurut keterangan Kementerian Perindustrian, penjualan sepeda sempat mengalami peningkatan hingga empat kali lipat di tahun 2020 jika dibandingkan dengan penjualan tahun lalu. Data ini berbanding lurus dengan jumlah pengguna sepeda yang mengalami peningkatan pesat hingga 10 kali lipat atau 1.000 persen saat PSBB Jakarta.

Walaupun menyehatkan dan menyenangkan, olahraga juga memiliki risiko tersendiri, beberapa di antaranya adalah risiko pencurian dan kerusakan sepeda. Data dari studi internal OVO mengungkap bahwa setidaknya 4 dari 10 pesepeda mengaku merasa tidak aman apabila sepedanya tidak diasuransikan.

Melihat permasalahan tersebut, platform pembayaran digital dan layanan finansial terdepan di Indonesia, menghadirkan asuransi sepeda yang dapat diakses langsung melalui layanan OVO Proteksi di aplikasi OVO. Membuat bersepeda lebih aman.

"Dengan adanya asuransi sepeda di aplikasi OVO, pegiat sepeda menjadi lebih terdorong untuk memberikan perlindungan terbaik bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga sepedanya," ujar Harumi Supit, Head of Corporate Communications OVO.

Saran bagi sepeda pemula dari Kelly Tandiono

Kelly Tandiono bersepeda/dok. OVO
Kelly Tandiono bersepeda/dok. OVO

Bagi para pemula yang mulai tertarik menjajaki dunia sepeda, Kelly Tandiono memberikan beberapa saran. Pertama adalah jangan membeli sepeda mahal-mahal sebelum memastikan apakah sebenarnya memang suka bersepeda.

Menurut Kelly, sepeda yang standar sudah cukup untuk masa penjajakan ini. Ia juga mengingatkan untuk mengasuransikan sepeda tersebut.

Kedua, bergabunglah dengan komunitas yang ramah pemula. “Bisa sama-sama belajar dan buat jadi seru. Ini juga untuk alasan keamanan. Dengan join komunitas itu kita sama-sama jaga diri,” jelas Kelly.

Walau demikian di saat pandemi sekarang ini Kelly lebih selektif dalam memilih komunitas kendati sangat rindu dengan kebersamaan sesama penggemar sepeda.

“Aku biasanya suka main di banyak komunitas di mana-mana. Sekarang harus milih-milih satu-dua komunitas yang aku biasanya gowesbareng.”

Ketiga, pastikan tidur yang cukup. Jangan paksakan bersepeda di pagi keesokan hari jika malamnya begadang.

 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓