Sukses

Lifestyle

Berbagai Warna Mata pada Kucing, Ada 4 Fakta Unik di Balik Keindahannya

Fimela.com, Jakarta Ada banyak hal yang bisa dikagumi dari seekor kucing. Mulai dari bulunya yang lembut, tingkah laku yang menggemaskan, hingga warna matanya yang memesona. Faktanya, ada penyebab bervariasinya warna mata pada anabul, bahkan bisa berubah setelah kucing dewasa. Ini penjelasannya!

Ini Semua Tentang Melanin

Kucing memiliki pigmen warna yang disebut melanin dan berpenting pada seberapa gelap bulu anabul, juga untuk warna matanya. Semakin banyak sel penghasil melanin di iris mata kucing, maka akan semakin gelap warnanya. Uniknya, hewan peliharaanmu biasanya tidak memiliki mata coklat atau hitam seperti manusia, melainkan warna tembaga yang gelap.

Produksi Melanin yang Aktif

Bukan hanya jumlah melanin saja yang akan memengaruhi warna mata kucing, tapi juga aktivitas sel penghasilnya. Misalnya kucing dengan penghasil pigmen yang aktif akan memiliki mata kuning keemasan yang cerah. Sebaliknya, mata kuning yang pucat terkait dengan sel penghasil pigmen yang kurang aktif.

Misteri Mata Biru

Kucing putih bermata biru tidak memiliki melanin di bulu atau matanya. Tanpa sel pigmen di iris mata, cahaya akan membias melalui permukaan bentuk mata yang bulat dan menghasilkan warna mata yang tampak biru.

Uniknya, anak kucing sering terlahir dengan mata biru karena penghasil pigmen di matanya belum mulai bekerja. Seiring pertambahan usianya, warna asli matanya mulai terlihat antara usia 4-6 minggu, dan makin jelas ketika mencapai usia 4 bulan.

Kaitan Warna Bulu dan Warna Mata Kucing

Gen yang berbeda mengontrol warna bulu dan warna mata kucing. Jadi kucing hitam bisa saja memiliki mata cokelat pucat, tetapi kucing Persia berbulu oranye mungkin akan memiliki mata berwarna tembaga gelap. Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah kucing putih yang cenderung memiliki mata biru daripada kucing ras warna lain, karena pengaruh genetiknya.

 

Bikin jatuh hati saat memandangnya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata kucing, salah satunya dengan memberikan cat food yang mengandung taurin. Sebagai satu-satunya cara untuk memenuhi kebutuhan taurin, sediakan Muezza yang memiliki nutrisi lengkap dengan kadar yang tepat.

Dibuat dari bahan alami yang bebas dari bahan tambahan sintetik, brand makanan kucing kering ini hadir dengan 4 varian citarasa yang disukai kucing. Bukan hanya jadi favorit anabul, pemilik kucing pun makin happy karena Muezza sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Kini, tak perlu cemas memegang cat food atau terjilat hewan peliharaan, bahkan jadi lebih leluasa mencuci mangkuk makannya di tempat cuci piring atau mencari lokasi penyimpanan di sekitar bahan makanan lainnya. Jangan ketinggalan memberikan makanan terbaik untuk kucing, pesan Muezza sekarang juga di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading