Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Kurma sering dikaitkan dengan hidangan penutup; manis alami dan kaya rasa. Tetapi buah bergizi ini sebenarnya dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang cukup mengesankan. Berikut adalah tujuh cara kurma dapat melindungi kesehatan kamu, dan cara sederhana untuk memasukkan buah super ini ke dalam makanan, camilan, minuman, dan camilan.

Dilansir dari health.com, ini adalah 5 manfaat dari buah kurma kata nutrisionis. 

 Kurma kaya nutrisi

Tiga kurma menyediakan sekitar 200 kalori, 54 gram karbohidrat dengan sekitar 5 gram sebagai serat, satu gram protein, dan tanpa lemak. Porsi ukuran ini juga memasok sejumlah kecil berbagai macam nutrisi, termasuk vitamin B, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, seng, dan mangan. Dengan kata lain, kurma bukan sekadar bom gula atau kalori kosong.

Kurma memiliki beragam antioksidan

Selain kandungan vitamin dan mineralnya, kurma kaya akan antioksidan pelindung kesehatan. Menurut penelitian baru-baru ini, yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences, menyatakan bahwa kurma adalah sumber antioksidan alami yang baik, yang dapat digunakan untuk pengelolaan penyakit terkait stres oksidatif. 

Stress Oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya mereka. Kurma juga mengandung senyawa antiinflamasi dan antimikroba, yang berarti kurma juga berperan dalam memerangi penyakit menular.

Manfaat kurma bagi kesehatan

Kurma mendukung kesehatan pencernaan

Tiga kurma menyediakan sekitar 18% dari kebutuhan serat harian, yang mendukung fungsi pencernaan yang baik. Satu studi, yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, mengamati secara khusus dampak konsumsi kurma pada usus. Pria sehat secara acak diminta untuk makan tujuh kurma per hari, atau kontrol tambahan dari campuran karbohidrat dan gula selama 21 hari. 

Para peneliti menemukan bahwa saat makan kurma, subjek penelitian mengalami peningkatan dalam frekuensi buang air besar mereka dan penurunan tingkat bahan kimia tinja yang diketahui dapat merusak sel dan memicu mutasi yang dapat menyebabkan kanker.

Kurma bermanfaat untuk kesehatan jantung dan regulasi gula darah 

Penelitian yang lebih lama telah meneliti efek asupan kurma pada orang dewasa yang sehat selama periode empat minggu. Dalam sebuah penelitian, relawan makan sekitar tiga setengah ons sehari dari dua jenis kurma yang berbeda. Pada akhir bulan, peneliti menemukan bahwa penambahan kurma tidak secara signifikan mempengaruhi indeks massa tubuh (BMI), kolesterol total, LDL, atau HDL subjek penelitian. Hal terpenting, glukosa darah dan kadar lemak darah tidak meningkat setelah mengkonsumsi salah satu jenis kurma. Faktanya kurma dapat  menurunkan lemak dalam darah dan menjaga kesehatan jantung. 

Kurma membantu menstimulasi otak 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neural Regeneration Research menyatakan bahwa kurma memiliki potensi terapeutik yang menjanjikan melawan penyakit Alzheimer, karena kemampuannya untuk memerangi peradangan dan stres oksidatif di otak.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading