4 Cara Efektif dan Sederhana Meningkatkan Massa Otot Bagi Perempuan

Gayuh Tri Pinjungwati06 Apr 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 06 Apr 2021, 08:15 WIB
olahraga

Fimela.com, Jakarta Kebugaran tidak hanya berarti menjadi langsing, tetapi juga melibatkan pembentukan otot dan mendapatkan kekuatan dalam tubuh. Latihan beban tubuh bisa membantumu meningkatkan massa otot, tetapi salah satu hal utama dalam melakukan pelatihan ini adalah mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Oleh karena itu, selalu disarankan untuk memulai dengan cara termudah untuk melakukan push up, wall push up atau incline push up di depan tubuh Anda dan kemudian lanjutkan ke push up lutut, lalu ke push up normal dan seterusnya. Begitu pula untuk setiap latihan agar dirimu senantiasa menambah beban untuk direspon oleh tubuh. Berikut ini adalah beberapa tips latihan untuk meningkatkan massa otot tubuh.

1. Push Up

Ada begitu banyak cara yang menyenangkan dalam melakukan push up sehingga sangat sulit untuk merasa bosan. Cara paling umum dan aman untuk melakukan push up adalah mulai dengan posisi papan, telapak tangan rata di lantai dan sedikit lebih dari selebar bahu, kedua kaki harus menyatu dan kaki lurus. Dorong tubuh ke atas dan luruskan lengan lalu turunkan tubuh kembali ke posisi awal.

2. Squats

Cara terbaik untuk memulai squat adalah dengan menggunakan kursi dan berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu dan lengan di belakang leher, duduk di kursi lalu dorong tumit untuk berdiri lagi, secara bertahap dengan kontrol dapat melepaskan kursi dan lakukan variasi yang lebih menantang untuk membangun otot.

3. Trisep Dips

Olahraga
Ilustrasi/copyrightshutterstock/MIA Studio

Trisep dips adalah latihan yang bagus untuk membangun trisep. Di atas meja, ini adalah cara termudah untuk memulai. Berdirilah di dekat kursi menghadap ke sana lalu letakkan telapak tangan di kursi dan jatuhkan tubuh serendah mungkin dan kemudian dorong tubuh ke atas. Dengan lebih banyak latihan dirimu dapat meningkatkan kesulitan dengan menjauhkan kaki dari tubuh dan bahkan bisa mengistirahatkannya di bangku.

4. Lunges

Lunges adalah latihan yang bagus untuk membangun otot di tubuh bagian bawah bersama dengan squat. Untuk lunge, dirimu bisa mulai dengan berdiri tegak lalu melangkah maju dengan satu kaki hingga kaki mencapai sudut 90 derajat. Lutut belakang  harus tetap sejajar dengan lantai dan lutut depan tidak boleh melebihi jari-jari kaki.

Nah, berikut tadi adalah beberapa tips untuk membantumu mendapatkan tubuh ideal dengan meningkatkan massa otot. Tentunya pilih latihan yang tepat dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓