Kadang Kita Perlu Menyendiri, Bukan untuk Menghindari Masalah tapi Menenangkan Diri

Endah Wijayanti06 Apr 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 06 Apr 2021, 08:45 WIB
perempuan dan menenangkan diri

Fimela.com, Jakarta Pernahkah merasa butuh waktu untuk menyendiri dan menyepi ketika segalanya terasa begitu menyesakkan? Saat ada sebuah masalah yang begitu berat untuk dihadapi, kadang kita butuh waktu untuk menyendiri. Bukan untuk lari dari masalah atau menghindari masalah, melainkan untuk menjernihkan pikiran.

Tiap orang punya caranya sendiri untuk menenangkan diri dan menjernihkan pikiran. Ada yang mencari teman atau sahabat untuk diajak curhat. Ada juga yang sengaja untuk mengucilkan diri selama beberapa waktu, entah dengan pergi ke suatu tempat sendiri atau menikmati sesuatu seorang diri. 

Menyendiri Bisa Bantu Merilekskan Tubuh dan Pikiran

Saat menyendiri dan menghabiskan waktu dengan diri sendiri, kita akan lebih mudah untuk melonggarkan perasaan yang sesak. Hanya suara diri kita sendiri yang kita dengar. Hanya perasaan kita sendiri yang kita hadapi. Saat ada masalah yang begitu pelik dan rumit membuat kita seakan kehilangan kewarasan, menyendiri dapat membantu kita untuk bisa merasa lebih tenang.

Menyendiri Bisa Mengisi Ulang Energi

perempuan bekerja
ilustrasi./photo created by senivpetro - www.freepik.com

"Loneliness is the human condition. Cultivate it. The way it tunnels into you allows your soul room to grow. Never expect to outgrow loneliness. Never hope to find people who will understand you, someone to fill that space. An intelligent, sensitive person is the exception, the very great exception. If you expect to find people who will understand you, you will grow murderous with disappointment. The best you'll ever do is to understand yourself, know what it is that you want, and not let the cattle stand in your way.”― Janet Fitch, White Oleander

Saat menyendiri, kita bisa menenangkan diri dengan kecepatan kita sendiri. Kita bisa kembali berdamai dan menerima keadaan dengan apa adanya tanpa merasa terburu-buru atau terdesak. Energi kita pun bisa kembali terisi ulang sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan begitu, setelah cukup menyendiri, kita bisa kembali punya tenaga untuk mengambil langkah  baru dalam menyelesaikan masalah.

Setiap Masalah Pasti Ada Jalan Keluarnya

“Loneliness adds beauty to life. It puts a special burn on sunsets and makes night air smell better.”― Henry Rollins

Setiap masalah yang hadir perlu diatasi. Sesulit apa pun masalah itu perlu dihadapi. Kita tak bisa selalu lari dari masalah. Kadang kita memang butuh mengambil waktu sejenak dan jeda selama beberapa saat untuk menyendiri. Menyendiri untuk menenangkan diri. Kembali menjernihkan pikiran, untuk kemudian bisa lebih kuat dalam menghadapi badai kehidupan.

Semoga apa pun masalah yang kamu hadapi saat ini bisa segera teratasi dengan baik, ya. Take your time and simply do the best to deal with your problems.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓