Bukan Tidak Percaya Diri, 5 Hal Ini yang Selalu Membuatmu Memikirkan Perkataan Orang Lain

Baiq Nurul Nahdiat06 Apr 2021, 11:05 WIB
Diperbarui 06 Apr 2021, 11:05 WIB
perempuan overthingking

Fimela.com, Jakarta Sebenarnya tidak alasan mendasar yang membuat seseorang harus mempedulikan apa yang orang lain pikirkan tentang mereka. Dan selalu khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan sebenarnya berasal dari dalam diri sendiri, karena ada perasaan cemas, takut tidak diterima atau takut tidak cukup baik bagi orang lain.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat seseorang selalu khawatir dengan apa yang dipikirkan orang lain tentang mereka. Ini dia ulasannya.

Ego

Ego adalah bagian dari diri seseorang  yang paling mungkin dikenali. Ini adalah "aku" yang berbicara. Namun tidak semuanya buruk, ego terkadang memainkan peran positif yang penting dalam caramu bertindak, merasakan atau memandang kehidupan. Tetapi ego juga menghasilkan beberapa pola pikir negatif yang dialami, termasuk obsesi dengan apa yang orang lain pikirkan tentang dirimu sendiri.

Meragukan Diri Sendiri

Overthinking
Ilustrasi Overthinking Credit: freepik.com

ketika dirimu tidak yakin dengan kemampuanmu, dirimu akan cenderung mencari orang lain untuk memberikan jaminan. Dirimu meminta mereka untuk mengisi wujud fana dan halus dari rasa percaya diri. Dirimu sebenarnya sedang mencari penguatan dari kepercayaan dirimu yang rapuh dan memikirkan tentang yang orang lain katakan tentangmu hanya akan semakin membawamu pada tempat yang semakin gelap. 

Ingin Disukai

Cara lain untuk memberi nilai pada dirimu sendiri adalah dengan menilai seberapa baik dirimu disukai orang lain. Hal ini juga didorong karena dirimu ingin menjadi bagian dari sesuatu dan dapat bergantung pada orang-orang di sekitar jika membutuhkan bantuan mereka pada saat-saat sulit. Sebab, ada rasa aman yang dirasakan saat orang-orang di sekitarmu menyukaimu.

Keinginan untuk Mengesankan

karakter zodiak
ilustrasi perempuan sedih/Photo by Jessica Ticozzelli from Pexels

Terikat erat dengan kebutuhan untuk disukai ialah kebutuhan untuk mengesankan orang lain. Kebutuhan ini sering kali dimotivasi oleh beberapa keuntungan pribadi, seperti meningkatkan prospek di tempat kerja, untuk memenangkan hati dalam lingkaran sosial, atau untuk menarik minat romantis. Sehingga akan membuatmu terus berusaha membaca apa yang orang lain pikirkan tentangmu dan mempertanyakan sejauh mana dirimu layak untuk orang lain.

Menghindari Penghinaan

Mengapa rasanya sangat buruk ketika orang lain menertawakanmu, mengejekmu, atau mencemooh pilihanmu? Penghinaan bukan hanya tindakan orang lain, terkadang itu adalah luka yang diakibatkan oleh egomu sendiri.

Penghinaan membuat dirimu merasa kecil dan tidak berharga. Jadi, dirimu akan menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan siapa yang mungkin tidak menyukaimu, mengapa mereka tidak menyukaimu, dan apa yang mungkin dapat  dilakukan untuk menenangkan mereka.

Demikianlah beberapa alasan yang membuat seseorang selalu khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan tentang mereka. Semoga bermanfaat.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓