5 Cara Menghadapi Dilema Ditinggal Teman-teman Menikah Sedangkan Dirimu Masih Lajang

Gayuh Tri Pinjungwati06 Apr 2021, 13:20 WIB
Diperbarui 06 Apr 2021, 13:52 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Dari pernikahan selebriti impian yang sempurna hingga pernikahan teman kita, jika Sahabat Fimela telah melihat semuanya, dirimu mungkin memiliki banyak pikiran. Dirimu melamun tentang saat yang menyenangkan mengikat janji bersama dengan seorang kekasih. Merupakan suatu kehormatan untuk menyaksikan dua orang terikat dalam pernikahan dan mengambil langkah menuju kehidupan baru. Sungguh hal yang indah untuk disaksikan dan jika dirimu telah melihatnya di sekitarmu dan mendapati dirimu masih lajang, itu bisa sangat menyakitkan.

Ketika orang-orang terdekatmu bertunangan dan menikah sementara dirimu masih berjuang untuk menemukan orang yang tepat, itu bisa membuatmu merasa sangat tersisih dan sendirian. Bisa sangat membuat frustasi untuk merasa seperti dirimu tidak memiliki siapa pun untuk dituju dan semua orang bergerak maju dan meninggalkanmu, tetapi penting untuk mengambil beberapa hal dengan sedikit sakit. Menyaksikan teman-teman terdekatmu menikah sementara dirimu bahkan tidak memiliki hubungan jangka panjang dapat membuatmu merasa tidak enak, tetapi dirimu hanya perlu belajar bagaimana menghadapi perubahan dalam hidupmu.

Alih-alih menekan diri sendiri dan melompat ke kesimpulan bodoh serta mengambil keputusan bodoh, dirimu perlu belajar bagaimana menangani hal-hal dengan benar. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantumu mengatasi kondisi saat semua orang yang dirimu kenal akan menikah dan dirimu tetap masih lajang.

1. Fokus pada Diri Sendiri

Fokus pada diri sendiri dan ingat bahwa dirimu bukanlah orang yang sama. Kehidupan setiap orang berbeda, dari sejarah mereka, asuhan mereka hingga pilihan mereka dan dirimu berbeda dari orang-orang di sekitarmu. Kehidupan setiap orang memiliki kecepatannya sendiri-sendiri dan meskipun dirimu tampak tertinggal, ini bukanlah perlombaan. Hidupmu berjalan sebagaimana mestinya dan dirimu berada di tempat yang seharusnya. Selain itu dirimu akan menemukan kehidupan yang tepat pada saat yang tepat.

2. Hindari Percakapan yang Memicu Dirimu Sedih

Jauhi orang atau percakapan atau situasi yang memicumu. Ini tidak berarti bahwa dirimu tidak boleh menghadiri acara pernikahan temanmu, tetapi itu hanya berarti dirimu perlu mencari tahu perbedaan antara rasa sakit dan cemburu serta satu hal yang memicu dan menyebabkan rasa sakit. Hindari percakapan apa pun tentang kehidupan cinta atau orang yang memicumu dengan menanyakan tentang pernikahanmu. Usahakan untuk menjauhi hal-hal negatif.

3. Tak Apa Merasa Sedih

Single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/khoamartin

Pahami bahwa tidak apa-apa untuk merasa sedih dan marah ketika melihat teman-temanmu menikah. Tidak apa-apa untuk merasa cemburu selama dirimu tidak membiarkannya masuk ke dalam pikiranmu. Hanya manusiawi yang merasakan apa yang dirimu lakukan dan itu adalah reaksi alami terhadap situasi. Jangan menyalahkan diri sendiri karena hal itu dan jangan merasa bahwa dirimu adalah orang yang buruk karena merasa seperti itu. Terimalah dan tuangkan semua emosimu untuk melakukan sesuatu yang produktif. Jangan biarkan mereka mempengaruhimu dan jangan melakukan hal bodoh.

4. Ingatkan Dirimu Bahwa Pernikahan Bukanlah Segalanya

Pahami apa tujuanmum dalam hidup dan jika itu bukan pernikahan, berhentilah membiarkannya memengaruhimu dan jika tujuanmu adalah pernikahan, ingatlah bahwa itu akan terjadi seiring berjalannya waktu. Jangan terburu-buru menjalin hubungan atau pernikahan karena itu tujuanmu. Ingatlah selalu bahwa pernikahan baik yang bertahan lama tidak akan terjadi jika dirimu membuat keputusan yang terburu-buru hanya untuk itu.

5. Berhenti Menghasihi Diri Sendiri

Berhentilah mengasihani diri sendiri dan ingatlah bahwa dirimu tidak sendiri. Tidak ada gunanya merasa kesepian dan sendirian karena dirimu tidak sendiri. Ingatlah bahwa kamu masih memiliki teman dan keluarga di sisimu dan belajar mencintai diri sendiri. Belajar untuk menikmati kebersamaanmu sendiri juga.

Nikmatilah momen dimana dirimu menjadi single. Mungkin dirimu tidak akan bisa bepergian atau berlibur sendirian atau bersama teman-teman ketika dirimu telah menikah. Percayalah, dirimu akan bertemu dengan jodohmu di waktu yang tepat. Perbanyaklah pertemananmu untuk saat ini, nikmati hidupmu dan bersenang-senanglah.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓