Sambut Ramadan dengan Tips Memilih Asupan Sehat danTepat

Fimela Editor07 Apr 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 07 Apr 2021, 10:32 WIB
Bantu Masyarakat Lebih Mindful dalam Konsumsi Asupan, Frisian Flag Indonesia Terapkan Produk ‘Pilihan Lebih Sehat’

Fimela.com, Jakarta You are what you eat! Sebuah ungkapan yang tak lekang waktu, dan terbukti relevan hingga saat ini. Karena apa yang kita konsumsi, akan berdampak pada kualitas kesehatan dan kehidupan kita ke depan. Apa lagi sebentar lagi kita akan menyambut bulan Ramadan, sehingga menjaga kesehatan tubuh dengan asupan nutrisi tepat penting untuk dilakukan.

Inilah mengapa, dalam memilih asupan, penting bagi kita untuk mulai menerapkan mindful consumption (konsumsi berkesadaran), agar kita dapat memastikan apa yang kita konsumsi dapat memberi dampak baik, bukan hanya bagi kesehatan diri, tapi juga lingkungan sekitar. Menjaga stamina tubuh di bulan Ramadan wajib dilakukan agar ibadah puasa dapat berjalan lancar.

Melihat kebutuhan ini, Frisian Flag Indonesia (FFI) kembali mengukuhkan komitmennya dalam membantu membangun masyarakat yang Sehat, Sejahtera dan Selaras. Komitmen ini diwujudkan melalui sejumlah inisiatif, di antaranya rangkaian produk susu cair siap minum yang lebih sehat, yang ditandai dengan penyertaan logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada kemasan, pilihan tanpa gula tambahan untuk produk Full Cream, kemasan yang lebih ramah lingkungan, serta variasi ukuran dan rasa yang dapat dikonsumsi dalam berbagai cara baik secara langsung, maupun dikombinasikan dengan jenis asupan lain sesuai selera.

Selain menghadirkan rangkaian produk yang lebih sehat, FFI juga konsisten mengedukasi masyarakat untuk lebih bijak dalam memilih dan mengonsumsi berbagai asupan, khususnya asupan siap saji.

Bertepatan juga denngan Hari Kesehatan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 7 April, Frisian Flag Indonesia menggelar webinar bertajuk ‘Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan’ dengan menghadirkan narasumber Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes; Nutrisionis, Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi; dan Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro.

Mindful Consumption atau konsumsi berkesadaran adalah sebuah konsep dalam pikiran yang mendasari perilaku seseorang dalam mengonsumsi atau membeli suatu produk. Penerapan konsumsi berkesadaran membuat seseorang mempertimbangkan dengan matang keputusannya, dengan memikirkan hal-hal penting, seperti manfaat mengonsumsi suatu jenis asupan bagi kesehatan tubuh, bagaimana produk tersebut diproduksi, serta lebih lanjut dampak dari pengonsumsian produk asupan, baik untuk diri pribadi maupun lingkungan.

 

 

Frisian Flag Indonesia Terapkan Produk ‘Pilihan Lebih Sehat.'

Bantu Masyarakat Lebih Mindful dalam Konsumsi Asupan, Frisian Flag Indonesia Terapkan Produk ‘Pilihan Lebih Sehat’
Frisian Flag Indonesia Terapkan Produk ‘Pilihan Lebih Sehat.'

Mendorong masyarakat untuk menjalani konsumsi berkesadaran, serta memilih produk yang aman dan sesuai kebutuhan, BPOM menghadirkan kebijakan pencantuman logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada produk siap konsumsi. Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes, menyatakan, “Sesuai UU No. 18 tahun 2012 tentang pangan, negara berkewajiban untuk mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang yang sejalan arahan dengan badan kesehatan dunia. WHO juga menetapkan dengan tujuan yang tentunya untuk mengurangi risiko penyakit tidak menular yang salah satunya berasal dari pola konsumsi yang tidak sehat. BPOM mengakomodir penggunaan Logo “Pilihan Lebih Sehat” pada bagian utama label yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam memilih pangan yang lebih sehat. Selain itu, BPOM juga mengeluarkan anjuran kepada masyarakat untuk membaca label, dengan cek KLIK: Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa dari produk siap konsumsi. Dengan melihat informasi nilai gizi pada label, masyarakat dapat melihat dan menentukan kontribusi produk tersebut terhadap pemenuhan gizi mereka.”

Pada produk siap minum, salah satu syarat untuk mendapatkan logo ini adalah kandungan gula maksimum adalah 6 gram per 100ml.

“Dengan penggunaan logo ini diharapkan masyarakat dapat memilih pangan yang lebih sehat. Label ini juga sekaligus mengedukasi dan memberi informasi yang jelas kepada konsumen yang memang menjadi penentu keputusan dalam membeli dan menyediakan pangan sesuai kebutuhanya,” tambah Dra. Rita.Selaras dengan semangat dan inisiatif BPOM tersebut.

Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro menambahkan, “Sebagai perusahaan, Frisian Flag Indonesia berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam peningkatan status gizi masyarakat Indonesia melalui hadirnya rangkaian produk bergizi, berkualitas, dan terjangkau. Sejalan dengan anjuran dari BPOM terkait ‘Pilihan Lebih Sehat’, FFI telah menerapkan logo ini pada rangkaian susu cair siap minum kami. Bahkan, untuk varian Full Cream, penerapan tanpa gula tambahan juga telah diberlakukan. Tak hanya hadir dengan produk dengan logo “Pilihan Lebih Sehat”, FFI juga berkomitmen untuk menghadirkan produk dan kemasan yang lebih ramah lingkungan, yang ditandai dengan logo Forest Stewardship Council (FSC). Artinya, bahan baku untuk kemasan karton yang digunakan berasal dari sumber yang dikelola dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Ditambah lagi dengan kehadiran inovasi sedotan kertas pada rangkaian produk susu siap minum rendah lemak.”

Frisian Flag Indonesia Terapkan Produk ‘Pilihan Lebih Sehat.'

Bantu Masyarakat Lebih Mindful dalam Konsumsi Asupan, Frisian Flag Indonesia Terapkan Produk ‘Pilihan Lebih Sehat’
Frisian Flag Indonesia Terapkan Produk ‘Pilihan Lebih Sehat.'

Rangkaian produk FFI berlogo ‘Pilihan Lebih Sehat’ telah hadir pada rangkaian susu siap minum Purefarm dengan pilihan ukuran terlengkap: 225ml, 450ml dan 900ml dalam berbagai varian rasa, di antaranya: Full Cream, Coconut Delight, Ketan Hitam, dan Sweet Delight, juga varian rendah lemak rasa French Vanilla dan Californian Strawberry.

“FRISIAN FLAG® menawarkan berbagai pilihan varian, ukuran kemasan, dan rasa yang nikmat agar masyarakat dapat menikmati asupan bergizi sesuai selera,” tambah Andrew.

Dukungan terhadap inisiatif ‘Pilihan Lebih Sehat’ dari BPOM juga disampaikan Nutrisionis, Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi. “Hal yang paling utama adalah memiliki pengetahuan dasar yaitu pedoman gizi yang seimbang. Kedua, masyarakat harus cermat dalam memilih produk yang dibeli dengan cara mempelajari informasi produk dan reputasi produk. Sebagai konsumen, lebih cermat membaca informasi pada kemasan produk sebelum menjadi stok pilihan makanan di dalam rumah tangga. Informasi pada kemasan produk meliputi informasi nilai gizi, label produk ‘pilihan lebih sehat’, peruntukan usia dan cara mengonsumsi produk pangan. Dalam mengonsumsi produk pangan masyarakat harus mempertimbangkan moderasi dan variasi produk pangan agar konsumsi tidak berlebihan.”

“Inisiatif BPOM yang juga telah ditindaklanjuti oleh Frisian Flag Indonesia diharapkan dapat menjadi solusi yang memudahkan masyarakat, untuk mulai menerapkan konsumsi berkesadaran. Sejalan dengan visi perusahaan Nourishing by Nature serta untuk membangun masyarakat yang Sehat, Sejahtera dan Selaras, kami mengajak lebih banyak masyarakat untuk lebih bijak dan berkesadaran dalam mengonsumsi produk atau asupan sebagai investasi kesehatan di masa yang akan datang, dimulai dari memperhatikan logo dan informasi pada kemasan. Karena, dengan penerapan konsumsi berkesadaran, ke depan, kami berharap bukan hanya akan terbangun generasi Indonesia yang lebih sehat dan kuat, tapi juga untuk membangun masa depan yang berkelanjutan,” tambah Andrew.

 

*Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓