Ada yang Berbeda pada Ramadan Kali Ini

Endah Wijayanti07 Apr 2021, 13:35 WIB
Diperbarui 07 Apr 2021, 19:08 WIB
ramadan 2021 dan yang berbeda

Fimela.com, Jakarta Selalu ada cerita, pengalaman, dan kesan tersendiri yang dirasakan tiap kali bulan Ramadan datang. Bahkan ada kisah-kisah yang tak pernah terlupakan karena terjadi pada bulan suci ini. Tiap orang pun punya cara sendiri dalam memaknai bulan Ramadan. Tulisan kiriman Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Berbagi Cerita tentang Indahnya Ramadan di Share Your Stories Bulan April ini pun menghadirkan makna dan pelajaran tersendiri.

***

Oleh:  Sarah Anandita

Tak terasa, akhirnya Ramadan datang lagi. Bulan yang selalu kutunggu-tunggu setiap tahunnya. Membayangkannya saja sudah cukup membuatku bersemangat dan tersenyum lebar. Seindah itulah Ramadan bagiku.

Beberapa tahun terakhir, kuhabiskan bulan Ramadanku seorang diri. Karena harus menuntut ilmu, aku dan keluargaku harus tinggal terpisah. Aku yang tinggal di Barat Indonesia dan orangtua serta adikku yang tinggal di Timur Indonesia harus menjalani bulan Ramadan secara terpisah.

Menjalani bulan Ramadan secara terpisah dengan keluarga, cukup membuatku meneteskan air mata. Aku selalu teringat dengan momen pada bulan Ramadan. Persiapan hari pertama puasa, tarawih bersama, masakan ibuku saat berbuka atau sahur, momen ketika berburu ta’jil, momen ketika keluargaku sibuk masak-masak untuk persiapan lebaran, dan momen ketika kami bersenda gurau di hari lebaran. Aku yang saat itu belum terbiasa, selalu menangis saat teringat momen berharga itu.

 

Kebersamaan

makan sahur
Ilustrasi./copyright: shutterstock

Tahun ini, Ramadan datang lagi. Ada yang berbeda pada Ramadan kali ini. Karena pandemi Covid-19, semua kegiatan perkuliahan kukerjakan dari rumah secara daring. Aku akhirnya bisa menghabiskan Ramadanku bersama kedua orangtua dan adikku. Hal ini tentunya menjadi momen yang membahagiakan bagiku. Aku bisa merasakan masakan ibuku lagi, aku bisa tarawih bersama keluargaku, dan yang paling penting, aku bisa berkumpul bersama mereka.

Tinggal jauh dari keluarga membuatku menyadari betapa pentingnya momen-momen yang selama ini selalu kita anggap biasa. Menghabiskan waktu bersama keluarga kini menjadi hal yang penting bagiku. Menikmati momen bersama, bercanda gurau, bukan lagi menjadi hal yang biasa. Aku harap, akan ada momen-momen indah lainnya yang bisa kunikmati bersama keluargaku. Tidak hanya aku, aku juga berharap, kamu yang membaca ceritaku ini, dapat merasakan momen yang indah ini bersama keluarga tercinta. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓