Tetap Waspada, Kominfo Turunkan 1.035 Konten Hoaks Soal Vaksin COVID-19

Karla Farhana08 Apr 2021, 12:30 WIB
Diperbarui 08 Apr 2021, 12:30 WIB
Vaksin

Fimela.com, Jakarta Teknologi internet memudahkan masyarakat untuk mengakses begitu banyak informasi. Namun, tidak semua informasi yang beredar dapat kamu terima begitu saja. Pasalnya, ada banyak hoaks beredar, termasuk soal vaksin COVID-19

Pada Rabu (7/4), Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) melaporkan adanya 1.035 hoaks vaksin COVID-19 yang ditemukan di berbagai platform media sosial. 

Dilansir dari Liputan6, sebaran hoaks seputar vaksin COVID-19 ini paling banyak beredar di Facebook. Tercatat ada 918 sebaran hoaks di platform tersebut. 

Selain Facebook, Twitter juga merupakan salah satu platform yang paling banyak ditemukan hoaks soal vaksin ini. Kominfo mencatat, ada 52 sebaran hoaks soal vaksin Corona di platform tersebut. 

Instagram

ilustrasi vaksin/cottonbro/pexels
ilustrasi vaksin/cottonbro/pexels

Selain Twitter dan Facebook, YouTube dan TikTok juga jadi sasaran. Ada 41 kabar hoaks di YouTube dan 15 kabar hoaks di TikTok soal vaksin Corona. 

Instagram juga termasuk dalam deretan media sosial dengan banyak hoaks soal vaksin. Terdapat 9 sebaran hoaks yang ditemukan di platform ini. 

 Untungnya, Kementerian Kominfo sudah menurunkan semua informasi hoaks yang ditemukan tersebut. 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓