Menu Sahur dan Berbuka Puasa, Resep Praktis Membuat Rendang

Fimela Editor16 Apr 2021, 12:30 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 12:30 WIB
Rendang

Fimela.com, Jakarta Memasuki Bulan Ramadan di tengah pandemi, banyak orang mengurangi kebiasaan membeli makanan dari luar dan lebih suka memasak hidangan yang mudah serta simple. Sepanjang 2020, data Google Search mencatat terjadi 30% peningkatan pencarian terhadap aneka resep mudah.

Hal ini dipicu dari tingginya durasi waktu yang dihabiskan masyarakat di rumah, sehingga masyarakat cenderung mencoba hal-hal baru yang dapat memicu kesenangan,termasuk melakukan eksperimen di dapur. Faktor kemudahan tentunya tetap diminati.

Tak hanya itu, masyarakat juga terus mengeksplor alternatif cara mengolah berbagai menu favorit, selama hal tersebut membuat proses memasak lebih mudah. Misalnya, dengan mengganti penggunaan alat masak atau mengganti penggunaan bahan makanan tertentu.

Namun, tanpa mengabaikan kenikmatan rasa. Berikut adalah resep rendang kolaborasi dengan OMELA, adalah produk krimer kental manis yang dibuat dengan kualitas terpercaya dari Frisian Flag berkolaborasi dengan Chef sekaligus Konsultan Kuliner Nanda Hamdalah yang dapat menambah kenikmatan aneka menu dan sajian keluarga.

 

Resep Rendang Omela ala Chef Nanda Hamdalah

Ilustrasi daging sapi
Ilustrasi daging sapi. Sumber foto: unsplash.com/Usman Yousaf.

Bahan-Bahan: 2 kg daging sapi, 3 lbr daun salam, 5 lbr daun jeruk, 4 batang sereh, 150 g Omela, 10 buah cabai oranye, 4 cm jahe, 3 cm lengkuas, 4 cm Kunyit, 10 buah kemiri, 4 buah asam kandis, 4 butir cengkeh, dan 5 butir kapulaga.

Bumbu Halus: 20 siung bawang putih, 25 siung bawang merah, 20 buah cabe keriting, garam, gula, dan lada.

Cara Memasak

Larutkan Omela dengan air. Potong-potong daging mengikuti serat.

Haluskan semua bumbu, kecuali asam kandis dan tumis dengan minyak goreng hingga harum. Masukkan larutan Omela dengan air bersama daging yang sudah dipotong-potong.

Masukkan asam kandis dan bumbu kering. Masak dengan api kecil kurang lebih 2,5 jam hingga warna berubah cokelat, mengeluarkan minyak dan kering. Hidangkan.

Selain rendang, Omela dapat digunakan juga untuk aneka menu dari produk kuliner, mulai dari minuman seperti kopi, teh, aneka es campur dan buah, berbagai macam penganan seperti kue-kue, martabak, pisang dan roti bakar, hingga masakan seperti tempe bacem, opor ayam, sayur lodeh, rendang, rawon dan masih banyak lagi.

 

*Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓