Berdoalah dengan Penuh Keyakinan, Ada 3 Cara Diijabahnya Sebuah Doa

Endah Wijayanti08 Apr 2021, 09:59 WIB
Diperbarui 08 Apr 2021, 09:59 WIB
ramadan 2021 dan doa dijabah

Fimela.com, Jakarta Kita hanya manusia biasa. Tak semua hal bisa kita atur dan kendalikan seorang diri. Bahkan ada banyak hal yang terjadi di luar kuasa kita. Ada saat-saat kita merasa lelah dan rasanya ingin menyerah saja. Ada saat-saat kita butuh kekuatan untuk bertahan.

Berdoa bisa menjadi penguat diri kita. Berdoa setiap waktu dapat memberi motivasi untuk menjalani hidup dengan lebih baik. Mengutip buku Amalan Ringan Paling Menakjubkan, proses doa itu pasti diijabah dengan tiga cara. Apa sajakah? Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Doa yang Langsung Dikabulkan

ramadan 2021 dan keutamaan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Hafizussalam

Yang pertama, seseorang berdoa dan meminta kepada Allah SWT lalu langsung dikabulkan. Misalnya, doa meminta jodoh, tak butuh waktu lama langsung mendapat jodoh. Berdoa meminta rezeki, langsung diberi rezeki sesuai yang diminta. Meminta pekerjaan bagus, langsung dapat posisi pekerjaan yang bagus. Dalam hal ini, doa kita langsung dikabulkan oleh Allah SWT sesuai dengan yang kita pinta.

2. Doa Dikabulkan dengan Cara Lain

ramadan 2021 dan tiga amalan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Hafizussalam

Saat kita berdoa dan meminta sesuatu tapi belum nampak oleh kita dikabulkannya doa itu, jangan langsung berburuk sangka. Jangan berpikir Allah SWT tidak mengabulkan doa kita. Allah bisa saja sudah mengabulkan doa kita lewat cara yang lain. Cara lain yang seperti apa? Allah bisa saja sudah lebih dulu menolak bala yang lebih parah walaupun kita tak memintanya. 

Allah bisa saja mengabulkan doa kita dengan cara menjauhkan kita dari takdir buruk. Sebagai contoh, dalam takdir Allah, kita akan mengalami kecelakaan motor. Tapi karena kita tak tahu takdir itu, kita tak berdoa untuk terhindar dari kecelakaan. Yang kita minta adalah didekatkan dengan jodoh. Tapi karena kita selalu berdoa, Allah menghindarkan kita dari kecelakaan motor dalam takdir-Nya. 

3. Doa Menjadi Amal Saleh

ramadan 2021 dan yang berbeda
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Hafizussalam

Setiap kita berdoa, Allah akan simpan untuk menjadi cadangan buat kita di akhirat. Di akhirat nanti, kita butuh amal untuk menolong kita. Maka, dengan terus berdoa dan memperbanyak doa di akhirat, kita bisa mengantongi amal saleh yang dapat jadi penolong kita di akhir kelak. 

Maka dari itu, mari kita berdoa dengan penuh keyakinan. Tak perlu merasa ragu saat berdoa. Tak ada yang sia-sia dari setiap doa yang kita pinta dan ucapkan. Semoga kita semua bisa jadi manusia yang lebih banyak bersyukur dan senantiasa dalam lindungan-Nya, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓