Sukses

Lifestyle

3 Cara Turunkan Berat Badan dengan Cepat Tapi Aman

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang instan dalam menurunkan berat badan. Melakukan diet berlebihan justru dapat menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh. Sebab, penurunan berat badan yang cepat biasanya hanya menguras air dalam tubuh, bukan lemak tubuh. Sering kali berat badan yang turun drastis tidak dapat dipertahankan dalam waktu yang lama.

Namun, Cynthia Sass, seorang ahli gizi berbasis di New York  mengatakan, beberapa orang mungkin perlu melihat hasil yang cepat agar merasa percaya diri dan sukses. Untuk membantu mewujudkannya, berikut ini 3 cara sederhana untuk turunkan berat badan dengan cepat dan aman, seperti yang disampaikan Cynthia Sass kepada Health.

1. Hindari makanan manis dan cepat saji

Tidak bisa dipungkiri, beberapa jenis diet memiliki fokus kepada pengurangan makanan dan menghindari beberapa jenis makanan yang dinilai berpotensi menambah massa tubuh. 

Jenis makanan tersebut ialah seperti makanan manis, cepat saji, makanan yang dibuat dengan tepung, gula, dan makanan tingi natrium atau sodium.

Sebab, makanan ini dapat memicu retensi air dan kembung, yang memengaruhi berat badan Anda. Makanan ini umumnya juga rendah nutrisi dan serat yang membuat Anda cepat merasa lapar.

Cara turunkan berat badan

2. Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi

 Sayuran atau makanan tinggi serat lainnya merupakan daftar makanan teratas untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang dalam program diet. "Targetkan sekitar lima cangkir per hari, seperti satu cangkir saat sarapan, dua saat makan siang, dan dua saat makan malam," kata Chyntia Sass.

Selain itu, makanan yang tinggi serat seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian umumnya lebih rendah kalori. Tingkat serat yang tinggi juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

 3. Hindari minuman yang mengandung pemanis

Jika menginginkan berat badan turun secara signifikan, hindari minum minuman yang mengandung pemanis. Saat minum kopi contohnya, Anda bisa memilih susu nabati atau kayu manis daripada gula rafinasi, pemanis buatan, atau krim.

Orang yang dalam program diet harus memprioritaskan untuk memilih air putih daripada jenis minuman lainnya. Bahkan, Chyntia Sass menyampaikan untuk menjadikan air putih sebagai satu-satunya minuman orang yang sedang berdiet.

"Jadikan air putih sebagai satu-satunya minuman Anda, dan jika Anda tidak suka yang biasa saja, beri perasa dengan semua bahan alami seperti jeruk, mint segar, mentimun, jahe, atau potongan buah musiman." pungkasnya.

 Penulis: Hilda Irach

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading