Ramadan Penuh Berkah, 4 Cara Berbagi Kebaikan di Bulan Puasa

Karla Farhana09 Apr 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 09 Apr 2021, 20:30 WIB
Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ramadan merupakan bulan suci yang penuh berkah. Setiap tahunnya, umat Muslim di seluruh dunia berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan di bulan suci ini. Kini, Ramadan akan tiba dalam hitungan beberapa hari saja. Namun, Sahabat Fimela tidak perlu bingung untuk membagikan kebaikan di tengah pandemi Corona seperti sekarang ini. 

Pasalnya, ada banyak sekali cara untuk berbagi kebaikan kepada sesama. Mulai dari memberikan senyum, menyapa, menyambung silaturahmi, hingga berbagi rezeki dengan beramal dan membagikan makanan gratis kepada kerabat dan orang-orang yang membutuhkan. Tapi, di antara deretan kebaikan tersebut, ada 4 cara yang sangat mudah untuk berbagi kebaikan di bulan Ramadan tahun ini. 

1. Berbagi Ilmu

Meski pandemi belum berakhir, bukan berarti kamu tidak bisa saling berbagi ilmu kepada sesama. Kamu bisa membuka kelas online gratis dan membagikan ilmu yang kamu miliki secara virtual. 

2. Sedekah chasless

Jika dulu sedekah bisa kamu lakukan dengan memasukkan koin dan uang lembaran ke kotak amal, kini sudah banyak lembaga amal zakat yang menerima pembayarat zakat dan amal secara cashless. Sehingga, kamu tetap bisa menjalani ibadah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan juga saling menjaga satu sama lain. 

3. Makanan Gratis yang Sudah Dipacking

LINE Ramadan
LINE Ramadan

Mengadirkan para yatim piatu serta dhuafa merupakan cara yang paling banyak dilakukan umat Muslim untuk berbagi di bulan Ramadan. Namun, mengingat pandemi belum juga reda dan pemerintah melarang adanya kerumunan, kamu bisa berbagi rezeki kepada mereka yang membutuhkan dengan cara yang lain. 

Seperti membagikan nasi kotak atau makanan bergizi yang sudah dikemas dengan higienis dan mengirimkannya ke panti asuhan atau panti jompo. 

4. Line Ramadan

Tahun ini, LINE Indonesia kembali menghadirkan salah satu program tahunan miliknya, LINE Ramadan. Program LINE Ramadan 2021 membawa tema “TERBAIK” atau “Teman Berbagi Kebaikan” dengan tujuan untuk membawa ragam fitur yang bisa memberikan manfaat bagi pengguna selama bulan Ramadan 2021 yang masih berada dalam situasi pandemik COVID-19. Apa saja fiturnya? 

  • Kuis Rejeki TERBAIK : kuis harian untuk menemani waktumu saat berpuasa sekaligus mendapatkan hadiah yang menarik. Setiap harinya, kamu bisa mengikuti Kuis Rejeki TERBAIK dengan menjawab 7 (tujuh) buah pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda. 
  • Jadwal Sholat, Pengingat Sholat, dan Kultum : Jadwal dan Pengingat Sholat akan dikirimkan secara otomatis melalui notifikasi di Akun Resmi LINE Ramadan. Sementara itu, fitur Kultum akan berisi kumpulan Doa, Trivia, dan Canda Ramadan. Kumpulan Doa berisi doa harian, Trivia Ramadan berisi ragam informasi mengenai agama Islam yang bermanfaat, sedangkan Canda Ramadan menyajikan humor ringan ala Ramadan.
  • Ngabuburit Warga Ramadan : menyajikan berbagai topik seru yang berkaitan dengan Ramadan di dalam LINE OpenChat.
  • Cerita Ramadan Terbaik : Berbagi kebaikan dapat juga diambil dari cerita keseharian yang dapat menginspirasi orang lain. Pada fitur baru, Cerita Ramadan Terbaik, kamu dapat mengunggah cerita inspiratif mereka melalui Twitter dengan hashtag #CeritaRamadanTerbaik. Kumpulan cerita inspiratif tersebut kemudian bisa dilihat melalui LINE Ramadan, dan cerita terbaik akan mendapatkan special LINE FRIENDS merchandise.

Nah, kalau Sahabat Fimela, gimana caranya berbagi kebaikan di bulan Ramadan tahun ini? 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓