Bolehkah Bekam dan Donor Darah saat Sedang Berpuasa? Ini Penjelasannya

Endah Wijayanti11 Apr 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 11 Apr 2021, 13:15 WIB
ramadan 2021 dan donor darah

Fimela.com, Jakarta Untuk memastikan ibadah puasa kita sah, penting untuk menghindari hal-hal yang membatalkan puasa. Dengan menghindari pembatal puasa, kita bisa lebih tenang dalam menunaikan ibadah puasa. Namun, kadang kita masih bingung dengan beberapa hal yang entah masuk ke kategori pembatal puasa atau tidak, seperti soal bekam dan donor darah.

Bolehkah bekam dan donor darah saat sedang berpuasa? Apakah bekam dan donor darah bisa membatalkan puasa? Ada penjelasan terkait hal ini seperti yang dipaparkan di Ramadhan Bersama Nabi: Panduan Puasa, Shalat Tarawih, Lailatul Qadar, I’tikaf, dan Dzikir Ramadhan. Yuk, simak di sini.

 

Bekam dan Donor Darah saat Berpuasa

ramadan 2021 dan doa dijabah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Hafizussalam

Dari Ibnu 'Abbas RA berkata bahwa Rasulullah SAW berbekam dalam keadaan berihram dan berpuasa. Anas bin Malik RA ditanya, “Apakah kalian tidak menyukai berbekam bagi orang yang berpuasa?” Beliau berkata, “Tidak, kecuali jika bisa menyebabkan lemah."

Dijelaskan lebih lanjut bahwa yang termasuk dalam pembahasan bekam ini adalah hukum donor darah karena keduanya sama-sama mengeluarkan darah, sehingga hukumnya pun di-qiyas-kan (dianalogikan).

Penting untuk memahami kondisi tubuh dan kesehatan diri sebelum memutuskan untuk bekam atau donor darah saat berpuasa. Jika kemungkinan besar malah akan membuat tubuh lemas dan kondisi tubuh menurun, maka ada baiknya untuk menghindari melakukannya saat sedang berpuasa.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓