5 Manfaat Pernikahan untuk Pasangan yang Benar-Benar Siap Berumah Tangga

Endah Wijayanti09 Apr 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 09 Apr 2021, 14:45 WIB
pasangan dan manfaat pernikahan

Fimela.com, Jakarta Menikah adalah sebuah keputusan dan pilihan penting dalam hidup. Bagi pasangan yang sudah benar-benar siap berumah tangga, menikah menjadi jenjang selanjutnya yang ditempuh. Memilih untuk menikah, maka perlu siap untuk mengarungi sebuah perjalanan baru.

Menikah bisa memberi sejumlah manfaat. Mengutip buku Menjadi Manusia, Menjadi Hamba, pernikahan memberi enam manfaat yang bisa membuat kita lebih baik. Manfaat yang pertama adalah membuat kita memiliki tujuan hidup, sehingga hidup bisa lebih terarah menuju hal yang lebih baik. Lalu apa lima manfaat lainnya? Berikut uraiannya. Yuk, langsung ikuti di sini!

 

1. Mendorong untuk Bekerja Keras

pasangan dan pembawaan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Gumpanat

Setelah menikah dan berumah tangga, ada dorongan bahkan kebutuhan untuk bekerja lebih keras. Ada motivasi baru untuk bekerja dengan lebih baik. Bahkan makin termotivasi untuk mencoba hal-hal baru demi menyenangkan pasangan atau keluarga.

2. Meraih Momen-Momen Bahagia

pasangan dan asyik diajak ngobrol
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/SunnyVMD

Happiness chances atau momen-momen bahagia yang baru bisa diperoleh dari sebuah pernikahan. Berbagai pengalaman baru yang dilakukan bersama pasangan bisa menghadirkan kebahagiaan baru. Meski mungkin akan ada hal-hal yang menggelisahkan dan mengesalkan dalam pernikahan, mengenang dan senantiasa mengingat momen bahagia bisa menghadirkan kenyamanan tersendiri.

3. Mendapat Dukungan dari Pasangan

pasangan cinta
ilustrasi./Photo by Hiển Nguyễn from Pexels

Adanya constant support atau dukungan terus menerus dari pasangan bisa membuat kita tidak gampang gelisah. Pasangan yang sama-sama siap untuk menikah dan memutuskan untuk membangun rumah tangga bisa saling menguatkan satu sama lain. Serta, bisa bertumbuh dan makin dewasa dalam prosesnya.

4. Mengurangi Sifat Egois

pasangan cinta
ilustrasi./Photo by Ori Song on Unsplash

"Menikah adalah sarana paling efektif agar kita tidak egois, tidak ingin menang sendiri," tulis Fahruddin Faiz dalam Menjadi Manusia, Menjadi Hamba. Setelah menikah, ada prioritas baru yang perlu dibuat. Ada banyak hal yang perlu disesuaikan dan disepakati bersama. Sehingga penting untuk membangun kompromi dengan pasangan setiap waktu.

5. Memiliki Kesehatan Fisik dan Mental yang Lebih Baik

Buktikan dengan Tindakan Nyata
Ilustrasi./Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Dengan diimbangi pola dan gaya hidup yang lebih sehat, menikah bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Hidup pun bisa lebih bahagia. Bersama pasangan yang benar-benar tepat, kualitas hidup bisa membaik setelah menikah.

Bagi yang sedang mempersiapkan diri untuk menikah, semoga semua proses dan persiapannya lancar, ya. Serta, semoga bisa mendapatkan lebih banyak kebaikan dan kebahagian setelah menikah nanti.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓