Sukses

Lifestyle

Mengenal Manfaat Tanaman Porang yang Bisa Menghasilkan Hingga Rp3 Miliar

Fimela.com, Jakarta Bagi pecinta tanaman, rasanya perlu mengetahui jenis tanaman yang satu ini. Adalah tanaman porang yang mendadak viral di media sosial karena harganya yang fantastis. Seorang petani asal Desa Kepel, Jawa Timur bahkan menjadi miliarder berkat bisnis ekspor tanaman porang.

Tanaman porang sendiri merupakan umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Ia merupakan tanaman kaya manfaat sehingga diincar banyak orang untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika dilihat potensi ekonominya, tanaman porang ini bisa menghasilkan keuntungan bisa mencapai Rp3miliar dalam dua musim. Harga porang basah segar dibanderol dengan harga Rp4000-Rp8000 perkilo. Sementara porang kering dengan kualitas ekspor harganya bisa mencapai Rp14ribu per-kilo.

Memiliki kualitas yang masuk dalam standar ekspor, membuat tanaman porang kerap diekspor ke berbagai negara, seperti Jepang, Australia, Amerika, dan Tiongkong. Tiongkok menjadi negara konsumen tanaman porang terbesar dengan kebutuhan hingga 15 ton pertahun.

Di sejumlah negara, tanaman porang dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Apa saja?

 

1. Bahan campuran industri

Tanaman porang yang memiliki kandungan konjac membuatnya kerap dijadikan sebagai bahan campuran kertas yang kuat dan tahan lama. Tanaman porang juga bisa dijadikan perekat kertas, cat, kain katun, dan wol.

2. Kosmetik

Tanaman porang dalam bentuk beku kerap dipakai untuk dunia kosmetik dengan dibentuk dalam bentuk spons. Komponen spons dibuat agar mampu melapisi asam dan bahan kras lainnya pada kosmetik sehingga kulit lebih sehat.

 

3. Meredakan sembelit

Kaya akan serat, tanaman porang kerap dijadikan sebagai obat untuk mengatasi semblit. Ia biasanya diolah menjadi agar-agar sehingga lebih mudah dikonsumsi.

4. Mengurangi kadar kolesterol

Kandungan glukomannan dalam tanaman porang mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, serat di dalamnya juga membantu program diet untuk menurunkan berat badan.

5. Pengental makanan dan minuman

Konjac yang terkandung dalam tanaman porang dapat digunakan sebagai sirup atau pengental dalam makanan dan minumann. Di Jepang, tepung konjac kerap dijadikan sebagai bahan campuran untuk mie shirataki, konnyaku, serta es krim.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading