Sambut Ramadan dengan Menata Interior Rumah agar Lebih Khusyu Beribadah, Berikut Tipsnya

Anisha Saktian Putri13 Apr 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 13:00 WIB
Ilustrasi interior rumah untuk Ramadan/dok. Unsplash Patrick

Fimela.com, Jakarta Sudah lebih dari satu tahun Covid-19 belum juga usai, masyarakat pun dituntun untuk tetap tinggal di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Namun, selama di rumah saja tentu ada perasaan bosan, kesepian, stres hingga depresi.

Jika sudah merasa seperti itu, sahabat Fimela bisa mengalami cabin fever. Mengutip Very Well Mind, cabin fever dalam istilah populernya merujuk pada reaksi kumpulan emosi negatif akibat seseorang terisolasi dalam jangka waktu lama. Cabin fever ini bukanlah gangguan psikologis, namun dampaknya terasa nyata.

Oleh karena itu, dilansir dari Healthline, seseorang agar tetap dapat bertahan di situasi pandemi seperti sekarang ini, dapat disiasati dengan melakukan hal-hal positif dan kreatif. Antara lain dengan melakukan aktivitas seperti lebih dekat dengan alam, berkebun, berolahraga, melakukan relaksasi, mengajak pikiran untuk berkelana ke suatu tempat, atau mendekorasi rumah.

Mendekorasi rumah pun menjadi hal yang tepat dilakukan, apalagi memasuki bulan Ramadan. Membuat rumah terlihat lebih fresh dan rapi saat menjalani ibadah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendekorasi rumah, seperti lokasi mana yang akan direnovasi, tujuan ruangan tersebut untuk apa, dan pemilihan warna.

Dalam kesempatan ini Endy Nahya, Desainer Interior Nippon Paint Indonesia berbagi tips & trik memilih warna ruangan. Ia mengatakan pemilihan warna cerah agar ruangan tampak lebih luas, maka pemilihan warna furniture dengan warna netral dan terang seperti putih, cream, atau abu-abu muda agar ruangan terlihat lebih rapi dan nyaman saat digunakan.

"Warna cat pada dinding tidak hanya sebagai dekorasi ruangan, tapi juga berpengaruh pada psikologis dan suasana hati penghuninya. Selain itu, keserasian warna juga penting untuk menghasilkan kombinasi yang harmonis," ujar Endy.

Tips pemilihan warna interior

Ilustrasi dekorasi rumah/dok. Unsplash Outside
Ilustrasi dekorasi rumah/dok. Unsplash Outside

Warna cat juga bisa dipadukan dengan warna interior, misalnya

1. Furniture dominan warna terang

Dapat dikombinasikan dengan berbagai warna cat brigt atau soft. Ambil salah satu bidang untuk warna yang lebih gelap agar tidak monoton.

2. Furniture dominan gelap

Furniture warna gelap akan terlihat elegan ketika dipadukan dengan cat warna gelap, dengan catatan warna lantai dan langit-langit terang.

3. Furniture Berbagai Warna

Jika ruangan memiliki furniture dengan berbagai warna, disarankan memilih warna cat terang. Terutama warna-warna netral.

Windy Sekar – Public Relation Nippon Paint Indonesia menjelaskan, Nippon Paint memiliki Colour Scheme Service (CSS) yang merupakan konsultasi gratis bersama desainer interior profesional Nippon Paint untuk memvisualisasikan warna cat pada bangunan, dengan tiga alternatif kombinasi warna dan ada rekomendasi produk.

"konsultasi pengecatan dan komplain, serta panduan kartu warna Colours of Life, di mana konsumen dapat memilih warna dengan garansi 100% akurat dan konsisten sesuai warna cat dan dibagikan secara gratis kepada konsumen baik dalam bentuk cetak maupun digital yang dapat diunduh di website Nippon Paint," ujarnya.

Selain mempercantik rumah, Nippon Paint juga memberikan solusi agar rumah juga sehat melalui rangkaian cat Silver-Ion Series yang dapat menangkal virus dan bakteri.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓