9 Hal Sederhana dalam Hidup yang Paling Disesali Seseorang Saat Sudah Tua

Baiq Nurul Nahdiat10 Apr 2021, 17:05 WIB
Diperbarui 10 Apr 2021, 17:05 WIB
cinta ibu dan mertua

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang memiliki perencanaan dalam hidupnya, ingin melakukan segala hal atau mewujudkan mimpi tertentu. Padahal, waktu yang terasa lama selama hidup di dunia akan terasa singkat, dan hal yang paling dibutuhkan seseorang pada dasarnya hanya kebahagiaan. Sehingga, banyak orang yang menyesal karena tak sempat melakukan beberapa hal atau memaksimal sesuatu dalam hidupnya selama ia muda.

Inilah beberapa hal yang paling disesali seseorang ketika sudah menginjak usia tua. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Berharap Memiliki Waktu Lebih Banyak Bersama Orang yang Dicintai

Sangat mudah untuk membiarkan waktu itu berlalu, tetapi setelah itu hilang dirimu tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali. Sehingga banyak orang berharap mendapatkan lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama orang yang dicintai.

Berharap Tidak Terlalu Khawatir.

Khawatir hanya menggunakan imajinasimu untuk menciptakan hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga seiring bertambahnya usia membuat orang menyesal bahwa kecemasan membuat mereka tidak banyak melakukan sesuatu semasa mudanya.

Berharap Dapat Memaafkan Lebih Banyak

menantu dan mertua
Ilustrasi/copyrightshutterstock/polkadot_photo

Dibutuhkan orang yang kuat untuk mengatakan "Saya minta maaf," dan orang yang lebih kuat untuk memaafkan. Maafkan dan merelakan akan mebaskan dirimu dari dendam dan menikmati kebahagiaan dan tidak menyia-nyiakan hidup.

Berharap Bisa Membela Diri Sendiri

Jangan pernah membiarkan dirimu diintimidasi atau dibungkam. Tidak ada orang yang lebih penting di dunia ini selain kebahagiaan dirimu sendiri.

Berharap Bisa Menjalani Hidup Sendiri

Habiskanlah waktu yang dimiliki sekarang untuk mengerjakan hal-hal yang ingin dicapai atau hal yang ingin dicoba. Bangunlah bisnis, kembangkan karier yang hebat, bangun keluarga, atau aktivitas olahraga. Keberhasilan terbesar hidup terletak dari bagaimana dirimu menjalani hidup dengan caramu.

Berharap Lebih Jujur

Menantu dan Mertua
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Tom Wang

Jika dirimu tidak mengakui kebenaran dalam dirimu sendiri, maka kebohongan pada akhirnya akan menguasaimu. Dan banyak orang menyesal karena tidak berani berlaku jujur semasa hidupnya, sebab kebohongan hanya akan memperburuk kondisi hidup seseorang.

Berharap Bekerja Lebih Sedikit

Bekerja terus-menerus hanya menambah stres dalam hidupmu. Jadi, pertahankanlah pertahankan beban kerja seimbang dalam sisa hidupmu.

Berharap Tidak Memedulikan Apa yang Dipikirkan Orang Lain

Berhentilah menyia-nyiakan momenmu pada opini orang lain. Pada akhirnya, mereka hanyalah opini dari mereka yang tidak sepenuhnya menjadi realitas dalam hidupmu.

Berharap Dapat Memaksimalkan Potensi

Hidup yang dijalani seharusnya sesuai dengan aspirasimu sendiri, bukan ekspektasi orang lain. Sehingga tidak ada yang lebih baik dari menjalani minat yang diusahakan   

Demikianlah ulasan mengenai beberapa hal yang paling disesali seseorang ketika sudah menginjak masa tua. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓